Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eks Penjabat Gubernur Kalbar Daftar Cawagub Jateng

Kompas.com - 10/08/2017, 20:31 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

Kompas TV Kali ini, mantan atlet tinju Indonesia Chris John mendatangi kantor DPD PDI-P Jawa Tengah di Kota Semarang.

SEMARANG, KOMPAS.com - Mantan Penjabat Gubernur Kalimantan Utara Triyono Budi Sasongko ikut meramaikan Pilkada Jateng 2018. Triyono ikut mendaftar sebagai bakal calon wakil gubernur dalam penjaringan di DPD PDI-P Jateng, Kamis (10/8/2017) sore.

"Saya sepenuh hati ikut proses penjaringan. Nyantol atau tidak saya akan bersyukur," kata Triono, yang juga mantan Sekretaris Utama Badan Nasional Pengelola Perbatasan itu.

Dia mengaku keterlibatannya ini karena ingin mengabdikan dirinya untuk masyarakat Jawa Tengah. Pengalaman memimpin Kalimantan Utara selama dua tahun menjadi modal mendaftarkan diri.

Triyono yang juga mantan Bupati Purbalingga dua periode ingin mengabdikan total sisa hidupnya untuk masyarakat. "Saya daftar agar jadi alternatif pilihan dari DPP PDI-P," ujarnya.

Dia yakin dengan bekal pengalaman di birokrasi bisa meningkatkan indeks pembangunan manusia di Jawa Tengah menjadi lebih baik.  "IPM Jateng rankingnya 12. Kantong kemiskinan nomor dua di Indonesia, dan itu memprihatinkan," ucapnya.

Baca juga: Ganjar Pastikan Nyalon Lagi di Pilkada Jateng 2018

Fokus lainnya yaitu membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya bagi masyarakat. Warga juga nantinya diberi pilihan untuk dapat meningkatkan penghasilan dari lapangan pekerjaan yang ada. "Yang penting rakyat itu punya kerjaan. Kami akan mendorong simpul ekonomi kerakyatan dan menyemangati mereka," ujarnya.

"Jalan bagus, lampu terang, tapi kalau setengah masyarakatnya tidak bekerja itu percuma. Itu tantangan digarap," tambahnya lagi.

Triyono bakal bersaing dengan 17 tokoh lain yang merebutkan rekomendasi untuk menjadi orang nomor dua di Jateng. Sementara yang bersaing menjadi calon gubernur hanya 5 tokoh. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com