Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Selidiki Foto Kapal Berisi Rusa yang Diduga dari Pulau Komodo

Kompas.com - 09/08/2017, 23:14 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Aparat Kepolisian Resor Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), hingga kini masih melakukan penyelidikan terhadap pengunggah foto sejumlah rusa yang dibantai dan berada dalam sebuah perahu. Rusa tersebut diduga berasal dari Taman Nasional Komodo (TNK).

"Masih diselidiki, termasuk pengunggah foto, yang pertama berada di Bima, Nusa Tenggara Barat, akan segera dimintai keterangan," kata Kepala Kepolisian Resor Manggarai Barat AKBP Supiyanto kepada Kompas.com, Rabu (9/8/2017).

Menurut Supiyanto, gambar rusa dalam perahu itu, sudah beredar luas di media sosial Facebook sekitar seminggu lalu.

Sementara itu, Kepala Balai Taman Nasional Komodo Sudiyono mengatakan, dalam foto tersebut belum menjelaskan asal usul rusa dari mana, kapan kejadiannya, siapa pelakunya, dan data lain yang diperlukan dalam proses pengungkapannya.

"Kami telah membentuk tim internal untuk melakukan investigasi awal terhadap akun Facebook yang memuat foto itu. Tim kami mendapatkan hasil bahwa dalam Facebook itu terdapat dua orang pelaku percakapan serta kapal dengan ciri khas daerah tertentu," ucap Sudiyono.

Baca juga: Puluhan Rusa Diduga Dibantai di Pulau Komodo, Warga Bentuk Satgas Adat

Selain itu lanjut dia, data lain yang yang telah didapatkan dalam proses investigasi tersebut tidak semua bisa disampaikan, agar tidak mengganggu dalam proses pengungkapan dan penanganan lebih lanjut.

Menurut dia, kesimpulan awal bahwa pelaku percakapan tersebut berada di luar kawasan Taman Nasional Komodo, sehingga pihaknya mengambil sikap untuk berkoordinasi dengan pihak lain, sesuai dengan kewenangan untuk melakukan investigasi secara profesional.

"Karena itu maka, kami belum mendapatkan bukti yang sah secara hukum keterkaitan antara foto itu dengan taman nasional komodo," katanya.

Sudiyono mengatakan, sumber pakan komodo adalah daging dari sejumlah hewan yang berada di Pulau Komodo. Rusa adalah salah satu sumber pakan komodo dan saat ini ketersediannya masih mencukupi.

"Hal itu dapat terlihat dari tren populasi komodo sebagai satwa inti, relatif masih stabil hingga saat ini di wilayah Taman Nasional Komodo," ujar Sudiyono.

Kompas TV Wisata Liburan Kunjungi Bayi Komodo di Taman Safari
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com