Massa Serang Kamp Proyek Jembatan di Tigi Papua, 4 Warga Ditembak Polisi - Kompas.com

Massa Serang Kamp Proyek Jembatan di Tigi Papua, 4 Warga Ditembak Polisi

Kompas.com - 02/08/2017, 13:18 WIB
Ilustrasi penembakanShutterstock Ilustrasi penembakan

JAYAPURA, KOMPAS.com - Empat warga Kabupaten Deiyai, Papua, mengalami luka tembak saat menyerang kamp pembangunan jembatan di sekitar Kali Oneiba, Distrik Tigi Selatan, Selasa (1/8/2017).

"Memang betul ada laporan tentang warga sipil yang tertembak dan saat ini sedang ditangani tim dokter di RSUD Enarotali," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Kamal di Jayapura, Selasa.

Dia mengatakan, penembakan itu berawal dari penyerangan yang dilakukan masyarakat sekitar pukul 17.30 WIT. Massa merusak peralatan perusahaan sehingga polisi menggeluarkan tembakan peringatan dan mengenai empat orang di antaranya.

Sebelum melakukan penyerangan ke kamp, lanjut Kamal, ada masyarakat yang meminta tolong agar pihak perusahaan mau membantu mengantarkan warga yang sedang sakit, namun hal itu tidak dipenuhi.

(Baca juga: Viral, Kisah Heroik Pendaki Asal Papua Gendong Korban Terjatuh di Gunung Slamet)

Setibanya di rumah sakit, korban sudah meninggal sehingga sanak keluarga marah dan menyerang peralatan yang ada di kamp.

Kamal mengatakan, anggota Brimob terpaksa menggeluarkan tembakan peringatan. Dia mengatakan, polisi menggeluarkan tembakan peringatan yang bertujuan untuk membubarkan aksi anarkis yang dilakukan masyarakat karena melakukan pengrusakan.

"Rabu (2/8/2017) dijadwalkan pertemuan antara bupati dengan tokoh masyarakat dan agama serta Kapolres untuk membahas masalah tersebut," katanya.

 

 

Kompas TV Gubernur Papua, Lukas Enembe ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik penegakan hukum terpadu, Gakkumdu Papua.

EditorCaroline Damanik
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM