Kunjungi Yogyakarta, Ridwan Kamil Bakal Adopsi Art Jog di Bandung - Kompas.com

Kunjungi Yogyakarta, Ridwan Kamil Bakal Adopsi Art Jog di Bandung

Kontributor Yogyakarta, Teuku Muhammad Guci Syaifudin
Kompas.com - 21/07/2017, 14:19 WIB
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengikuti rapat kerja (raker) pengendalian pembangunan daerah triwulan 2017 di Hotel Inna Garuda, Jalan Malioboro, Kota Yogyakarta, Jumat (21/7/2017). KOMPAS.com/Teuku Muh Guci S Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengikuti rapat kerja (raker) pengendalian pembangunan daerah triwulan 2017 di Hotel Inna Garuda, Jalan Malioboro, Kota Yogyakarta, Jumat (21/7/2017).

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, merasa kagum dengan perkembangan Kota Yogyakarta terutama dengan adanya kawasan pedestrian di Jalan Malioboro.

Sebab menurutnya, banyak warga beraktivitas di ruang publik seperti di kawasan pedestrian itu menunjukkan hal yang baik. "Kota baik itu kalau warganya banyak beraktivitas di ruang kota bukan di rumah," ujar pria yang akrab disapa Emil di Yogyakarta, Jumat (21/7/2017).

Emil pun menyarankan adanya tambahan sarana kawasan yang sama di luar Malioboro supaya Kota Yogyakarta nyaman ditinggali. Sebab, ruang kota itu bukan hanya taman atau kawasan pedestrian saja, melainkan ruangan yang bisa digunakan kegiatan positif oleh masyarakat.

"Di mana ada ruang menganggur itu dikonversi menjadi ruang positif. itu juga menandakan kota yang bahagia," ucap pria yang ingin mencalonkan diri menjadi Gubernur Jabar itu.

(Baca juga: Ridwan Kamil: Jadi Pemimpin Itu Harus Turun Tangan Bukan Tunjuk Tangan)

 

Tak hanya menambah ruang kota, ia menyarankan masyarakat Kota Yogyakarta kembali menggunakan sepeda sebagai sarana transportasinya. Sebab ia menilai, jumlah pesepeda di Kota Yogyakarta makin berkurang.

"Mudah-mudahan bersepeda lagi karena sudah makin jarang. Di Bandung sendiri ada sepeda yang disewakan," ujar Emil.

Emil menilai karakter Kota Yogyakarta serupa dengan Kota Bandung yang dipimpinnya. Beberapa hal positif di Kota Yogyakarta pun ingin ditiru dan diterapkannya di Kota Bandung tahun ini.

"Karakter sama, yaitu sama-sama kota pendidikan, kota wisata, kota anak muda. Kami saling belajar dan saya belajar soal Art Jog. Kami akan buat tahun ini di Kota Bandung," tutur Emil.

Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengaku akan kembali mengajak masyarakat untuk bersepeda ketika berangkat bekerja, sekolah, atau bepergian ke suatu tempat. Hal itu menyusul pernyataan Emil yang menilai pesepeda di Kota Yogyakarta mulai berkurang.

"Kami akan mendorong kegiatan bersepeda bike to work dan bike to school. Karena yang menurun itu warganya. Bukan kami yang menghentikan," kata Haryadi.

(Baca juga: Mau Sewa Sepeda di Bandung? Begini Caranya)

 

Haryadi pun mengatakan, program tersebut akan dilakukan pada tahun ini. Selain mengajak kembali masyarakat bersepeda, pihaknya akan memperbanyak sarana dan prasarana untuk para pesepeda.

"Kami juga perhatikan sisi keselamatan para sepeda. Tahun ini jalur sepeda akan kami perbanyak," tutupnya.

PenulisKontributor Yogyakarta, Teuku Muhammad Guci Syaifudin
EditorReni Susanti
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM