Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalau Tetap Dibangun Jalan Tol di Yogyakarta, Ini Permintaan Sultan

Kompas.com - 18/07/2017, 21:09 WIB
Kontributor Yogyakarta, Teuku Muhammad Guci Syaifudin

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan HB X menyatakan, pihaknya tak sepenuhnya menolak pembangunan jalan tol di wilayahnya. Hal itu menyusul rencana pemerintah pusat membangun sejumlah ruas tol yang akan melewati DIY.

Namun, jika akan dibangun di DIY, orang nomor satu di DIY ini meminta jalan tol yang tidak seperti umumnya. "Asal tidak ditutup dalam arti bebas hambatan," ujar Sultan kepada wartawan di Hotel Inna Garuda, Jalan Malioboro, Kota Yogyakarta, Selasa (18/7/2017).

Seperti Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS). Di sana, ruas jalannya menyerupai tol dan juga bebas hambatan. Selain bebas hambatan, jalan tersebut juga bebas dari pungutan. "Jalan tol itu harus bayar, kalau jalan bebas hambatan tidak membayar," tutur Sultan.

Sultan mengatakan, keberadaan jalan bebas hambatan juga bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar. Adapun jalan tol hanya bisa dimanfaatkan para pengguna jalannya saja.

(Baca juga: Sultan HB X Tolak Pembangunan Jalan Tol di Yogyakarta)

"Kalau ditutup sehingga tidak bisa ada orang yang jualan kecuali ditempat yang telah ditentukan," tutur Sultan singkat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com