Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk Tronton Terguling di Jalur Argopuro, Sopir Pingsan dan "Shock"

Kompas.com - 19/07/2017, 06:54 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Truk tronton yang mengangkut pupuk terguling di Jalan Argopuro tepat di tanjakan perlintasan kereta api yang menghubungkan stasiun Argopuro dengan Karangasem.

Jalan Argopuro adalah rute yang digunakan truk dan kendaraan besar dari dan menuju Pelabuhan Ketapang yang menghubungkan Jawa dan Bali.

Sugiyanto, penjaga perlintasan kereta api Argopuro kepada Kompas.com, Selasa (18/7/2017), mengatakan, tronton yang dikemudikan warga Besuki, Situbondo, tersebut sempat macet sebelum melewati rel kereta api.

"Trontonnya macet terus ditarik sama truk lainnya melewati rel kereta api. Pas tanjakan talinya putus dan meluncur ke bawah kembali melewati rel terus menghantam slengsengan dan terbalik," kata Sugiyanto.

Baca juga: Truk Terguling, Ribuan Belut Berserakan di Jalan

Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 18.00 WIB dan Jalan Argopuro ditutup sementara.

Akibat kejadian tersebut, belasan kendaraan besar seperti truk tidak bisa melewati jalan karena badan tronton melintang tepat di tengah jalan yang hanya berjarak 5 meter dari rel kereta api.

Menurut Sugiyanto, sopir dalam keadaan selamat, hanya mengalami lecet di bagian tangan. Sopir juga sempat pingsan sebelum ditolong warga keluar dari bagian depan truk.

Sopir yang masih belum diketahui namanya tersebut masih shock dan belum bisa memberikan keterangan lengkap.

"Untungnya tidak ngguling di tengah rel, soalnya ada beberapa kereta api yang akan melintas seperti Pandanwangi, Mutiara Timur dan Tawangalun," jelasnya.

Sementara itu, beberapa sopir truk yang mengantre sempat gelisah karena harus menunggu lama untuk melewati Jalan Argopuro.

Salah satu sopir truk sempat membantu untuk menarik badan tronton dengan kendaraannya. Namun usaha tersebut gagal karena posisi tronton berada di tanjakan.

"Hampir 4 jam lebih nunggu, truknya belum juga digeser. Katanya tadi pemiliknya masih nunggu kendaraan buat geser," kata Anton, salah satu sopir truk yang mengantre.

Baca juga: Truk Terguling, Begini Nasib Puluhan Honda CBR yang Diangkut

Padahal dia harus segera menyeberang ke Bali karena membawa janur dan sayuran.

"Seharusnya jam 11 malam ini sudah hampir sampai denpasar," kata Anton.

Kompas TV Truk Terguling Saat Menghindari Tabrakan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com