Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibantu Istri dan Tukang Bentor, Tahanan Narkoba Kabur dari Rutan

Kompas.com - 18/07/2017, 17:23 WIB
Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Seorang tahanan kasus narkoba, Sahrul Daeng Nojeng alias Buser warga Jl Maddukelleng Buntu kabur dari Rumah Tahanan (Rutan) Klas 1 Makassar setelah dibantu istrinya dan seorang tukang becak motor (Bentor), Selasa (18/7/2017).

Sahrul kabur setelah lolos dari penjagaan dengan menggunakan ID card pembesuk.

Kepala Devisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kementerian Hukum dan HAM Kantor Wilayah (Kanwil) Sulsel, Jauhar Pardin yang dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Kaburnya tahanan baru diketahui siang harinya.

"Jadi tahanan narkoba yang sudah tiga bulan ditahan itu berhasil kabur bersama istrinya. Sedangkan, tukang bentor masih tertahan di dalam Rutan dan saya perintahkan serahkan ke aparat kepolisian," ucapnya.

Saat ini sebut dia, petugas rutan dibantu aparat kepolisian masih melakukan pengejaran terhadap tahanan kabur.

"Untuk proses hukum terhadap tukang bentor yang membantu kaburnya tahanan, kita serahkan ke aparat kepolisian," katanya.

Baca juga: Tak Tahan Kabur Terus, Buronan Telepon Minta Polisi Datang Menjemput

Jauhar mengatakan, pihaknya akan melakukan investigasi terhadap kaburnya tahanan tersebut.

"Modus pakai ID card ini pertama kali terjadi di Indonesia. Saya tidak menyangka, tahanan bisa kabur melalui beberapa pintu penjagaan. Jelas ini sudah kelalaian dan akan kita tindak petugasnya. Apalagi, selama Ka Rutannya Suryanto sudah 3 kali peristiwa tahanan kabur. Kasus ini kita akan investigasi," katanya.

Kaburnya Sahrul ini, bermula ketika istrinya, Irawati menumpangi bentor milik Irfan dari Pasar Pa’baeng-Baeng menuju Rutan Klas I Makassar.

Irawati pun meminta Irfan masuk ke dalam untuk membantu mengangkat barang-barang suaminya berupa kasus dan bantal dengan imbalan sejumlah uang.

Irawati dan Irfan pun berhasil masuk ke dalam Rutan dengan di pemasangan ID card pembesuk, pada pukul 09.45 Wita.

Setelah Irawati bertemu dengan suaminya, Buser yang ditahan, ID card pembesuk Irfan pun diambilnya. Akhirnya, Buser dan istrinya Irawati keluar dari Rutan dengan berbekal Id card pembesuk pada pukul 10.15 Wita.

Kompas TV 39 Narapidana Rutan Sialang Bungkuk Dipindahkan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com