Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TNI AU Akan Uji Coba Senjata Oerlikon Skyshield di Bulukumba

Kompas.com - 10/07/2017, 12:43 WIB
Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - TNI AU akan melakukan latihan terhadap pasukan khas menggunakan senjata baru Oerlikon Skyshield untuk menangkal ancaman atau serangan dari udara.

Latihan pasukan khas dan uji coba senjata Oerlikon Skyshield akan dilakukan di Pelabuhan ikan, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Kamis (13/7/2017), pukul 09.00-11.00 Wita.

"Rencana melatih pasukan khas kita untuk berlatih gunakan persenjataan Oerlikon Skyshield. Sehingga dengan latihan tersebut, diharapkan kita bisa menjaga pangkalan dan menjaga alutsista dari kemungkinan adanya ancaman dari udara," ujar Panglima Koopsau II, Marsekal Muda TNI Yadi Indrayadi Sutanandika di Makassa

Yadi mengungkapkan, senjata Oerlikon Skyshield adalah senjata baru milik TNI AU dan baru pertama kali diuji coba. Senjata ini menembak dari bawah ke udara.

(Baca juga: TNI AU Gelar Pameran DIrgantara Expo 2017)

Kepala Polres Bulukumba, AKBP Anggi Siregar mengaku polisi siap membantu TNI AU melakukan pengamanan saat latihan dan uji coba senjata di Kecamatan Bonto Bahari.

Anggi akan menutup akses masuk ke daerah latihan dengan menyiagakan puluhan personel kepolisian. Saat latihan berlangsung, warga Kabupaten Bulukumba diharapkan menjauh dari titik latihan dan uji coba senjata dengan jarak radius 5 sampai 10 kilometer.

"Ada jalan di desa-desa menuju lokasi latihan dan uji coba senjata kita tutup beberapa jam saja. Kita juga sudah mengimbau masyarakat, agar menjauh dari lokasi latihan. Ya, masyarakat Bulukumba jangan kaget atau heran jika mendengar suara-suara ledakan pada, Kamis (13/7/2017) mendatang," tutupnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com