Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Ada Penyambutan Kenegaraan untuk Obama di Istana Bogor

Kompas.com - 30/06/2017, 12:55 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Tidak ada persiapan khusus dalam menyambut kedatangan mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (30/6/2017) sore ini.

Meski begitu, personel Kepolisian dan TNI tetap bersiaga melakukan penjagaan di sejumlah titik.

Komandan Kodim 0606 Kota Bogor Letkol Inf Dodi Suhardiman mengatakan, tidak ada penyambutan kenegaraan pada saat kedatangan Presiden Ke-44 Amerika Serikat itu.

"Penyambutan lebih santai, tidak ada upacara kenegaraan, lebih kekeluargaan," kata Dodi, Jumat (30/6/2017).

(Baca juga: Sore Ini, Jokowi Sambut Obama di Istana Bogor)

 

Dodi menyebut, pengamanan tetap diprioritaskan sesuai dengan standar operasi VVIP dalam menyambut tamu negara. "Sesuai permintaan, Obama tidak ingin terlalu resmi, tapi kita tetap sesuai SOP pengamanan tamu negara," tutur Dodi.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan, tidak ada pengerahan pelajar untuk menyambut kedatangan Obama beserta keluarga.

Berbeda ketika saat menyambut kedatangan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Raja Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia dari Swedia, serta Raja Salman dari Arab Saudi.

"Tidak ada pengerahan pelajar. Tapi kita fokus untuk kelancaran lalu lintas mengingat masih dalam musim libur lebaran," ucapnya.

(Baca juga: Lawatan Obama ke Jakarta dan Kenangan Masa Kecil di SDN Menteng 01)

 

Kedatangan sejumlah tokoh dunia ke Kota Bogor akan berdampak positif. Selain semakin mengenalkan Bogor secara internasional, juga menarik investor asing datang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Obama akan tiba di Istana Bogor sekitar pukul 15.30 WIB.

Di sana, Obama dan keluarganya akan disambut Presiden Joko Widodo dan langsung dijamu untuk mencicipi hidangan di Green Garden Cafe yang berada di dalam Kebun Raya Bogor. 

Kompas TV Barack Obama Cicipi Mie Lethek Khas Bantul
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com