Kapolri Pastikan Tragedi "Brexit" Tak Akan Terulang Tahun Ini - Kompas.com

Kapolri Pastikan Tragedi "Brexit" Tak Akan Terulang Tahun Ini

Kontributor Pekalongan, Ari Himawan Sarono
Kompas.com - 23/06/2017, 18:04 WIB
KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengecek langsung Pos Terpadu Pemantauan arus mudik Polda Jabar di Cikopo, Purwakarta, Rabu (21/6/2017).

BATANG, KOMPAS.com - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian memastikan bahwa tragedi macet parah di pintu keluar tol Brebes Timur ( Brexit) pada 2016 lalu tidak akan terulang pada tahun ini.

Hal tersebut disampaikan Tito saat berada di pintu keluar tol fungsional di Gringsing, Batang, Jawa Tengah, Jumat (23/6/2017).

"Yang jelas peristiwa Brexit sudah tidak ada lagi. Dulu H-4 sudah terjadi kepadatan sampai 14 kilometer lebih sekarang tidak ada, terutama karena tol fungsional dan empat flyover di Pejagan sana," kata Tito.

Namun dia mengamini bahwa tol fungsional masih ada kekurangan, di antaranya jalan yang bergelombang. Meski begitu sebagian besar kendaraan dari Tol Cipali langsung mengambil jalur fungsional.

"Kami tadi lihat dari Kaligangsa Brebes sampai Gringsing dengan kecepatan 40 kilometer/jam itu relatif bagus," ungkap dia.

(Baca juga: Cegah Tragedi Brexit Terulang, Kemenhub Terapkan Sistem Buka Tutup)

Tito yang didampingi Menteri PU PR Basuki Hadimoeljono juga mengungkapkan bahwa hasil pengamatannya jalur mudik dari Cikarang Utama hingga Gringsing terjadi antrean di sejumlah titik, di antaranya di Cikarang Utama, salah satu rest area di Cipali, dan pintu keluar Gringsing.

"Puncaknya (arus mudik) sepertinya tadi malam, tapi kami antisipasi juga malam ini karena di Cikarang Utama itu cukup banyak, arusnya cukup padat. Tapi mereka pecah ada yang ke selatan, ada yang sebelum Gringsing. Tapi kalau arusnya seperti ini Insya Allah semua berjalan lancar," pungkasnya.

 

Kompas TV Lebih Lengang, Pemudik Pilih Jalur Lingkar Pemalang

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisKontributor Pekalongan, Ari Himawan Sarono
EditorCaroline Damanik
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM