Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pagi ini NTT Diguncang Gempa Bumi 4 Kali

Kompas.com - 23/06/2017, 10:02 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Empat kali gempa bumi mengguncang empat kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (23/6/2017) pagi.

Kepala Stasiun Geofisika Kampung Baru Kupang Hasanudin mengatakan, empat kabupaten yang diguncang gempa bumi yakni Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai, Ende, dan Sumba Barat.

Gempa bumi pertama, sebut Hasanudin, berlangsung pada pukul 02.07 Wita di Kabupaten Manggarai Barat. Gempa berkekuatan magnitudo 2,8 Skala Richter (SR) itu berlokasi di 8.32 derajat Lintang Selatan dan 119.67 derajat Bujur Timur, dengan kedalaman 153 kilometer.

"Pusat gempa bumi yakni 58 kilometer bagian Barat Laut Kabupaten Manggarai Barat," kata Hasanudin kepada Kompas.com, Jumat pagi.

Selanjutnya, gempa kedua terjadi pada pukul 4.21 Wita di Kabupaten Manggarai dengan kekuatan 3,8 SR. Lokasi gempa di 9.11 derajat lintang selatan dan 120.41 derajat bujur timur.

(Baca juga: Gempa Sukabumi Terasa di Jakarta, Lampu Bergoyang dan Perabotan Bergetar)

 

Pusat gempa sekitar 47 kilometer Tenggara Kabupaten Manggarai dengan kedalaman 19 kilometer. Sedangkan, gempa bumi yang ketiga di Kabupaten Ende, dengan kekuatan magnitudo 3,5 SR, terjadi pada pukul 7:38 Wita.

Lokasi gempa itu pada 8.51 derajat Lintang Selatan dan 121.90 derajat Bujur Timur. Pusat gempa yakni 27 kilometer Timur Laut Kabupaten Ende, dengan kedalaman 10 kilometer.

Gempa bumi terakhir terjadi di Kabupaten Sumba Barat pada pukul 8.53 Wita, dengan kekuatan magnitudo 4,1 SR. Lokasi gempa pada koordinat 10.08 derajat Lintang Selatan dan 119.35 derajat Bujur Timur dengan kedalaman 10 kilometer.

(Baca juga: Pasca-gempa di Barat Boyolali, Terjadi 13 Guguran di Gunung Merapi)

Pusat gempa bumi berada pada 47 kilometer Barat Daya Kabupaten Sumba Barat. "Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan yang ditimbulkan akibat getaran gempa tersebut,"tutupnya.

Kompas TV Gempa yang terasa sampai ke wilayah beberapa kota di Jawa Barat termasuk Jakarta ini tidak menimbulkan kerusakan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com