Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Warga dan Pelajar Sambut Kedatangan Jokowi di Tasikmalaya

Kompas.com - 09/06/2017, 11:29 WIB
Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Ribuan warga dan siswa di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi di sepanjang jalan mulai dari Lapangan Udara Wiriadinata, Cibeureum, sampai ke Tasikmalaya Kota, Jumat (9/6/2017) pagi.

Mereka sejak pagi tadi telah berkumpul di sepanjang jalan bersama para murid yang membawa bendera merah putih kecil untuk melihat Presiden.

Teriakan pun bergema saat kendaraan Indonesia Satu melewati sekumpulan warga dan anak-anak, dan beberapa kali Presiden melambaikan tangan keluar jendela mobilnya untuk menyapa para warganya di pinggir jalan.

Baca juga: Tampil Beda, Jokowi Kenakan Jins dan Sepatu Kets Saat Kunjungan Kerja

Rombongan pun bertolak ke SMPN 2 Kota Tasikmalaya terlebih dahulu sebelum berkunjung ke Bale Kota Tasikmalaya. 

Di SMP Negeri 2 Kota Tasikmalaya, Jokowi disambut para siswa yang telah menantinya sejak pagi tadi. Presiden Joko Widodo secara simbolis membagikan Kartu Indonesia Pintar kepada para murid.

Jumlah KIP seluruhnya dibagikan kepada 1.500 siswa di Kota Tasikmalaya. Rinciannya, 575 siswa SD, 238 siswa SMP, 133 siswa SMA, dan 340 siswa SMK.

Sementara di tingkat pendidikan kesetaraan paket A sebanyak 40 siswa, paket B 61 siswa dan paket C sebanyak 113 siswa.

Siswa SMK Balai Pendidikan Islam Tasikmalaya, Anissa mengaku sudah menunggu kedatangan Presiden Jokowi sejak pukul 06.30 WIB. Ia pun mengaku bangga meski hanya melihat Presiden Jokowi dari kejauhan karena banyaknya siswa lain yang berkumpul di sekitar sekolah tepat di area Alun-alun Tasikmalaya tersebut.

"Kami datang jam 06.30 WIB untuk menunggu agak lama tetapi tidak apa-apa. Senang bisa melihat dan ketemu Pak Jokowi," kata dia.

Hal sama disampaikan Ahmad Furqon (10), siswa SD Negeri Galunggung. Furqon berharap bisa bersalaman dengan Presiden Jokowi. Namun niatnya tersebut tak kesampaian karena penuhnya siswa yang ingin mendekati orang nomor satu di Indonesia tersebut.

"Saya ingin maju ke depan," kata dia.

Sesuai informasi, Presiden Joko Widodo menuju Tasikmalaya melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta. Presiden beserta rombongan lepas landas dengan menggunakan Pesawat CN-295 TNI AU sekitar pukul 08.10 WIB.

Sejumlah agenda kegiatan telah menanti Presiden Joko Widodo beserta rombongan. Setibanya di Kota Tasikmalaya, Presiden menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada ribuan siswa di SMPN 2 Tasikmalaya. Setelah itu, rombongan mengunjungi Bale Kota Tasikmalaya, dan rencananya akan menunaikan shalat Jumat di Masjid Agung Kota Tasikmalaya. 

Baca juga: Jokowi Bagi-bagi Paket Sembako di Gang Sempit

Presiden juga akan menyerahkan sertifikat hak atas tanah serta program bantuan sosial lainnya seperti Pemberian Makanan Tambahan dan Program Keluarga Harapan.

Malam harinya, Presiden akan mengunjungi Pondok Pesantren Cipasung, Kabupaten Tasikmalaya, untuk bersilaturahmi sekaligus menunaikan ibadah shalat tarawih berjemaah.

Kompas TV Dalam videonya, Presiden mengklaim sudah membangun 1.900 kilometer jalan di Kalimantan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com