Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bripka Ase Tak Menyangka Dikenang karena Bantu Orang Seberangi Jalan

Kompas.com - 31/05/2017, 21:17 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Pengabdian Bripka Ase Kusmana (54) yang ikhlas dan tulus dalam menjalankan tugas telah mengharumkan namanya di tengah masyarakat.

Anggota Polisi Lalu Lintas Polsek Pacet, di Cianjur, Jawa Barat tersebut ternyata dikenal banyak orang sebagai polisi yang baik.

Ketenarannya ini tak pernah disadari Bripka Ase. Sampai akhirnya ia tahu namanya menjadi viral di situs jejaring sosial Facebook.

“Saya baru tahu kemarin, dari anak saya. Sebelumnya saya tidak tahu,” kata Bripka Ase, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (31/5/2017).

Baca: Bripka Ase, Polantas Legendaris di Cianjur yang Viral Karena Pengabdiannya

 

Banyak yang memuji pengabdian bapak dua anak tersebut. Ia sendiri tak menyangka, sejumlah orang yang pernah ia bantu menyeberang, dibantu dorong kendaraannya yang mogok, maupun yang dia dinasehatinnya karena melanggar Lalu Lintas masih mengingatnya.

Padahal dia sendiri tak pernah ingat satu persatu karena banyak orang yang ia temui di jalan. Bahkan, ada yang ternyata sejak kecil dibantunya menyeberang di lokasi tersebut, masih mengingatnya setelah sudah bekerja, termasuk pemilik akun Facebook Andi Lukman, warga Cipanas yang pertama kali mempostingkan cerita dan foto tentangnya.

“Pak Andi itu terus terang saya enggak kenal. Tapi ternyata dia itu orang yang sejak kecil saya seberangi. Ada juga yang waktu kecil saya seberangi, terus setelah sudah jadi taruni Akpol masih ingat sama saya,” ujar Bripka Ase.

Buat Bripka Ase, apa yang dia lakukan sudah menjadi tugasnya sebagai polisi. Menolong dan melayani masyarakat menurut dia sudah merupakan panggilan tugas.

“Jadi sudah jadi kewajiban saya sebagai petugas polisi lalu lintas di lapangan, membantu orang menyeberang, ada yang mogok memang harus dibantu dorong. Kalau dibiarkan bisa macet atau timbul kecelakaan,” ujar Bripka Ase.

Sudah hampir 29 tahun Bripka Ase bertugas di Pos 55 Cipanas, dengan suka dukanya. Dari sisi sukanya, ia meyakini tugasnya melayani warga membawa pahala. Sementara dukanya, Bripka Ase kadang dibuat pusing pelanggar lalu lintas.

“Dukanya kadang-kadang kan ada yang melanggar, ditegur, sampai saya pusing, begitu aja,” ujarnya Soal cuaca panas, hujan, atau persoalan lalu lintas di tempatnya bertugas baginya buka suatu masalah.

“Kalau prinsip saya namanya kerja itu yang penting kita kuncinya ikhlas,” ujar Bripka Ase.

Andi Lukman (30), warga Cipanas yang memposting foto dan cerita Bripka Ase pertama kali mengaku tak menyangka postingannya akan menjadi viral.

Niatnya, ia hanya ingin bercerita soal polisi yang sejak dia berumur 13 tahun selalu bertugas di lokasi tersebut.

Namun, akhirnya ia tahu bahwa ternyata polisi asli daerah Garut itu dikenal sebagai polisi yang baik oleh banyak orang. Kesan itu tercermin dari komentar positif yang muncul di postingan status Facebooknya.

“Sebenarnya yang saya posting itu sederhana, tapi dalam perkembangannya itu banyak orang yang (merasa) dibantu,” ujar Andi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com