Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.200 Warga Bandung Berkesempatan Berkarier di Jepang, Ini Caranya...

Kompas.com - 16/05/2017, 16:30 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Sebanyak 1.200 warga Kota Bandung berkesempatan bekerja di Jepang. Jumlah ini jauh lebih besar dari kuota awal per tahun yang hanya 300 orang. 

"Kita kerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang fokus ke Kota Bandung. Kita diberi jatah 1200-an. Alhamdulillah tadinya hanya 300 per tahun sekarang saya minta ditambah 1.200 warga Bandung untuk dikirim magang bekerja selama 3-5 tahun," ucap Ridwan di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Selasa (16/5/2017).

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, peluang tersebut menjadi momentum untuk meningkatkan kualitas kerja warga Bandung dengan sistem kerja level internasional.

"Nah ini bagian agar warga Bandung bisa naik kelas. Bisa tahu bagaimana hidup bekerja dengan kedisplinan standar internasional, sehingga suatu hari dia bisa lanjut kerja di sana silahkan atau pulang menjadi entrepreneur punya skill akhirnya membantu ekonomi lokal," tuturnya.

(Baca juga: Menaker Berangkatkan 1000 Anggota GP Ansor Magang di Jepang)

Menurut dia, krisis tenaga kerja yang dialami Jepang bisa dimaksimalkan oleh tenaga kerja lokal untuk menimba pengalaman di sana. Dia menyebut, ada sedikitnya 113 jenis lowongan kerja yang bisa diakses warga Bandung di antranya bidang industri, pertanian, dan jasa.

"Nah ini buah dari lobi-lobi Pemkot Bandung bersama Kadin Kota Bandung. Karena pada dasarnya Jepang ini sedang krisis SDM. Karena populasinya menua lebih banyak lansianya dalam 20 tahun ke depan ketimbang anak mudanya," ucapnya.

"Udah anak mudanya gak suka menikah dan bikin anak, jadi makin repot. Sementara Indonesia terbalik. Pemudanya banyak, menikahnya senang, hobi bikin anak," ungkapnya.

(Baca juga: Selangitnya Gaji Pegawai Magang Facebook)

Emil menjelaskan, untuk ambil bagian dalam proram ini, warga tinggal daftar ke Kadin. Programnya dimulai semester ini. 

"Jadi sampaikan  ke warga Bandung jika ingin kerja magang di Jepang, ingin punya pengalaman, silahkan daftar ke Kadin Bandung di Jalan Talaga Bodas. Hubungi Kadin ikut program kerja di Jepang," pungkasnya.

Kompas TV Monami Ohno, seniman Jepang ini telah membuat berbagai macam mainan yang terbuat dari kardus bekas.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com