Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditunjuk PKB Jadi Cagub Jateng, Marwan Jafar Mulai Blusukan ke Daerah

Kompas.com - 10/05/2017, 21:48 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Setelah ditunjuk Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk menjadi bakal calon Gubernur Jawa Tengah pada Pilkada Jateng 2018, Marwan Jafar terus bergerilya melakukan "blusukan" ke berbagai daerah di Jateng.

Hari Rabu (10/5/2017) ini, mantan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi ini berkonsolidasi di jajaran pengurus PKB, kalangan kaum nahdliyin dan pengurus pondok pesantren di Kabupaten Blora.

Baca juga: PKB Usung Marwan Jafar di Pilkada Jateng 2018

Marwan sendiri hadir dan memberi sambutan di acara tersebut.

Konsolidasi yang sama juga telah dilakukan di beberapa tempat, di antaranya Semarang, Magelang dan Grobogan.

Hadir dalam kesempatan ini, ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Blora Ahmad Rofiq, Ketua Dewan Syura Busyro Mustofa, pengasuh ponpes Khozinatul Ulum Blora Muharror Ali, Wakil Bupati Blora Arief Rohman, serta sejumlah anggota DPRD Jateng dan DPRD Blora.

Dalam kesempatan ini, Muharror Ali mewakili pihak pesantren di Blora mengajak kaum Nahdliyin untuk memilih pemimpin yang memberi manfaat kepada pesantren.

Selama ini, kata dia, gubernur Jateng tidak memberikan kontribusi yang jelas untuk memakmurkan pesantren. Sehingga, gubernur mendatang yang dipilih seyogyanya adalah mereka yang memikirkan dan mengembangkan pesantren.

"Gubernur Jateng saat ini belum pernah memberikan kontribusi apapun kepada pesantren. Warga NU wajib bersatu untuk mengganti gubernur yang seperti itu," kata Muharror, dalam siaran tertulisnya.

Sebagai pengelola pesantren, Muharror meminta agar gubernur Jateng bisa memberi manfaat kepada pesantren dalam berbagai bentuk. Sosok gubernur juga harus memiliki rekam jejak yang baik, memiliki kepedulian terhadap masyarakat desa, dan masyarakat pesantren.

"Dari nama itu hanya Marwan Jafar yang mempunyai track record jelas. Marwan sudah terbukti menjadi DPR RI tiga periode. Kinerjanya jelas, aspiratif, dan ngopeni masyarakat bawah," ujarnya.

Sosok Marwan juga dipuji lantaran berkinerja yang cepat serta tidak birokratis. Selain itu, Marwan juga mempunyai latar belakang sebagai santri dan menjadi nilai tambah.

"Marwan lebih mengerti apa yang dibutuhkan oleh pesantren dan warga nahdliyin," ujarnya.

Baca juga: Cara PKB Menangkan Marwan Jafar di Pilkada Jateng 2018

Sebelumnya, PKB resmi menyerahkan nama Marwan Ja'far sebagai bakal calon gubernur Jawa Tengah pada Pilkada Jateng 2018 mendatang. Nama Marwan satu-satunya sosok yang disepakati dan direkomendasi dari PKB.

"Pasti. Pasti dapat rekomendasi, tinggal nanti mencari teman koalisi. Sebagai calon gubernur," kata Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, di Semarang, Kamis (4/5/2017).

Kompas TV Tarik ulur mengirim wakil dalam pembentukan panitia khusus hak angket telah terjadi di antara sejumlah fraksi di DPR.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com