Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Korban Perahu Terbalik di Gresik Kembali Ditemukan

Kompas.com - 14/04/2017, 18:30 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com – Satu korban perahu terbalik di Wringinanom, Gresik, pada Kamis (13/4/2017) kemarin, kembali ditemukan tim pencarian pada Jumat (14/4/2017) sore.

Korban ditemukan sudah dalam keadaan tidak bernyawa di pinggiran kali Surabaya yang berada di sekitaran Desa Legundi, Kecamatan Driyorejo, Gresik.

Korban tersebut diketahui bernama Rozikin (40), warga Desa Leminggir, Kecamatan Mojosari, Mojokerto.

“Dengan ditemukannya satu korban lagi pada sore ini, maka hari ini total sudah empat korban yang ditemukan. Sekarang, tinggal satu korban lagi yang masih kami cari,” ujar Koordinator Operasi dan Lapangan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik, Barirul Umam atau Irul, Jumat (14/4/2017).

Tim pencarian merupakan gabungan dari jajaran BPBD Gresik, Polsek Wringinanom, Koramil Wringinanom, BPBD Sidoarjo, BASARNAS, Ditpolair Polda Jawa Timur, Satpolair Polres Gresik, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Mojokerto, TAGANA Sidoarjo, TAGANA Kabupaten Mojokerto, Korps marinir TNI AL, serta beberapa relawan lain.

Baca: BNPB: Perahu Tenggelam di Gresik dan Majalengka akibat Muatan Berlebih

Sebelum berhasil menemukan Rozikin, tim pencarian sudah menemukan tiga korban lain pada Jumat (14/4/2017) pagi.

“Namun karena SOP (Standar Operasional Prosedur), maka pencarian untuk hari ini sementara kami hentikan. Karena malam hari, juga kami kira tidak cukup efektif untuk melakukan pencarian korban,” terang Irul.

Atas acuan tersebut, maka proses pencarian satu korban yang belum ditemukan pada hari ini diputuskan untuk berhenti sejenak, saat matahari mulai tenggelam.

Tim pencarian pun lantas kembali ke darat, sambil menyampaikan kepada masyarakat untuk menghubungi posko bila melihat korban lain di pinggiran kali Surabaya.

“Dan kalau sampai malam ini satu korban itu belum juga ditemukan, maka besok (15/4/2017) kami akan melanjutkan proses pencarian. Kami juga sudah informasikan kepada masyarakat, sementara tim berhenti sejenak sambil terus stand by untuk memantau kondisi,” tutur Irul

Baca: Tiga Korban Perahu Terbalik di Gresik Ditemukan Tewas

Selain korban jiwa, tujuh unit sepeda motor yang sebelumnya juga dikabarkan ikut tenggelam dalam kejadian itu kini sudah berhasil ditemukan seluruhnya. 

Adapun tujuh sepeda motor yang ditemukan yakni, Honda CB150R Hitam Nopol S 4894 PW, Suzuki Shogun 110 Biru Nopol W 6054 XT, dan Honda Supra Fit X Hitam Nopol W 3153 CQ. Ada pula Honda Vario Putih Nopol W 3362 QJ, Honda Vario 125 Hitam Nopol W 4416 WI, Honda Vario Hitam Nopol W 3765 WX, serta Honda Vario Hitam Nopol W 3274 ZJ, yang juga ditengarai milik para korban.

Kompas TV 14 orang tenggelam di Sungai Wringinanom, Gresik, Jawa Timur, akibat perahu yang ditumpangi terbalik.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com