Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pungut Retribusi Tanpa Karcis, Honorer Ini Ditangkap dengan Bukti Rp 421.000

Kompas.com - 31/03/2017, 22:12 WIB
Masriadi

Penulis

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Tim satuan bersama pungutan liar (Saber Pungli) Kota Lhokseumawe, menangkap ZA (35) pegawai honorer Dinas Perhubungan Aceh Utara di Terminal Geudong, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, Kamis (30/3/2017) sore.

Dalam operasi tangkap tangan itu, tim menyita barang bukti berupa uang tunai Rp 421.000. Terdiri dari pecahan uang recehan Rp 2.000 hingga Rp 50.000.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Hendri Budiman mengatakan, pegawai honorer itu sebelumnya pernah diingatkan agar memungut retribusi terminal sesuai ketentuan yang ada.

“Ketentuannya retribusi itu pakai karcis atau tiket. Nah, ini dipungut begitu saja, tidak ada karcis atau tiketnya,” sebut Kapolres.

Dia menyebutkan, setiap angkutan umum yang melintas melemparkan uang pada petugas yang berdiri di depan jalan masuk terminal. “Selama ini sopir itu hanya lempar-lempar uang saja, lalu diambil petugas, ini kan perbuatan pungutan liar,” terangnya.

Uang retribusi dari terminal itu salah satu sumber pendapatan asli daerah dan harus disetor ke kas daerah.

“Kita selidiki kasus ini, apakah masuk ranah pidana atau hanya sekadar kesalahan administrasi. Ini kita imbau pada semua petugas di sektor pendapatan daerah, harap jangan ada pungutan liar sekecil apa pun. Berbuat dan bertindak sesuai aturan yang ada,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com