Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makam Pahlawan Asal Ambon Digali, Jasadnya Dipindahkan ke Tempat Kelahiran

Kompas.com - 22/03/2017, 13:48 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Makam pahlawan perintis kemerdekaan asal Ambon, Alexander Jacob Patty di Taman Pemakaman Umum (TPU) Kristen Pandu, Kota Bandung, dibongkar, Rabu (22/3/2017).

Pembongkaran itu dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Maluku dibantu Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kota Bandung dan Kodam III Siliwangi dengan tujuan memindahkan kerangka jenazah Alexander Jacob Patty dari TPU Pandu, Kota Bandung ke Taman Makam Pahlawan Kapaha, Ambon.

"Kita bermaksud menempatkan almarhum pada tempat yang layak di daerah asal almarhum," kata Kepala Dinas Sosial Provinsi Maluku, Sartono Pinning saat ditemui di sela-sela penggalian, Rabu siang.

Baca juga: Dilaporkan ke Polisi karena Dianggap Hina Pahlawan, Ini Respons Pemilik Akun Twitter

Kerangka Alexander Jacob Patty akan ditempatkan di dalam sebuah peti berwarna putih, lalu akan dibawa ke Ambon dari Bandara Soekarno Hatta dengan menggunakan pesawat. 

"Besok pagi tiba di Ambon. Sekitar pukul 10.00 WIT akan dilakukan prosesi pemakaman yang akan dihadiri gubernur Maluku. Di sana sudah siap," jelasnya.

Sartono menambahkan, pemindahan kerangka jenazah Alexander Jacob Patty merupakan usulan dari keluarga dan masyarakat Ambon, baik yang tinggal di Bandung maupun di Ambon sejak satu tahun lalu.

"Kita bermaksud menjadikan almarhum tokoh orangtua, pejuang yang memiliki semangat patriotisme, berjuang demi kepentingan negara. Kita berharap semangatnya bisa jadi motivasi untuk dibagikan kepada generasi kita di Indonesia," ujarnya.

Baca juga: Ganjar: Pahlawan Masa Kini, Mereka yang Tak Korupsi dan Ikut Berantas Pungli

Alexander Jacob Patty lahir pada tanggal 12 Desember 1889 dan meninggal pada 16 Januari 1953. Namanya juga diabadikan menjadi salah satu jalan di Ambon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com