Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Operasi Tinombala Kembali Diperpanjang

Kompas.com - 14/03/2017, 19:00 WIB
Mansur

Penulis

POSO, KOMPAS.com - Polri kembali memperpanjang pelaksanaan operasi Tinombala di Poso, Sulawesi Tengah, yang semula direncanakan akan berakhir pada Senin (3/4/2017).

Selain mencari dan menangkap 9 orang sisa dari kelompok teroris Santoso, perpanjangan masa operasi selama 3 bulan juga dilakukan untuk memberikan rasa aman warga masyarakat di Poso.

Asisten Bidang Operasi Kapolri Irjen Polisi Unggung Cahyono melakukan kunjungan di Poso untuk mengevaluasi pelaksanaan Operasi Tinombala 2017 di Poso yang belum berhasil menangkap 9 sisa DPO.

Tiba di Bandara Kasiguncu Poso, Selasa (14/3/2017), Unggung kemudian menuju Mapolres Poso. Di Mapolres Poso, Unggung bersama rombongan langsung melakukan rapat tertutup dengan seluruh jajaran pelaksana Satuan Tugas (Satgas) Operasi Tinombala 2017, termasuk unsur TNI.

Pelaksanaan rapat evaluasi operasi Tinombala berlangsung selama dua jam dari pukul 10.00 hingga 12.00 Wita di Aula Mapolres.

Unggung menjelaskan, pelaksanaan Operasi Tinombala 2016 yang sebelumnya telah diperpanjang hingga 3 April 2017 akan dilanjutkan untuk 3 bulan ke depan. Selain melakukan perpanjangan pelaksanaan Operasi Tinombala, dalam pertemuan tersebut, pihaknya juga memastikan tidak akan melakukan penambahan pasukan BKO TNI ataupun Polri.

"Saya bersama jajaran yang tergabung dalam pelaksanaan operasi baru saja melakukan rapat evaluasi dan hasilnya kami kembali perpanjang 3 bulan ke depan. Untuk pasukan tidak ada penambahan, tetap 1.500 gabungan TNI–Polri," ungkapnya.

Dia menambahkan, pelaksanaan Operasi Tinombala 2017 di Poso itu masih tetap menargetkan untuk mencari dan menangkap sisa dari anggota kelompok teroris Santoso yang kini tersisa sembilan orang.

Dia mengaku, operasi yang melibatkan setidaknya 1.500 personel gabungan TNI- Polri tersebut juga fokus untuk memberikan rasa aman kepada warga masyarakat di Sulawesi Tengah pada umumnya dan kabupaten Poso pada khususnya.

"Intinya perpanjangan pelaksanaan Operasi Tinombala 2017 di Poso, selain untuk menuntaskan sisa DPO kelompok Santoso, Polri juga ingin memastikan bahwa keamanan warga Poso tetap terjaga," tuturnya.

Dalam kunjungan sehari ke Poso itu, Unggung juga meninjau sejumlah pos komando Operasi Tinombala sektor 2 di Tokorondo, Kecamatan Poso Pesisir, dan Pos Komando operasi Tinombala sektor 1 di Tambarana, Kecamatan Poso Pesisir Utara.

Turut serta dalam rombongan adalah Brigjen Polisi Iman Sugianto Karobinops Sops Polri, Brigjen Polisi I Ketut Argawa Karo Analis Baintelkam Polri, Brigjen Polisi Hasanuddin Karotekkom Div Tik Polri dan Kombes Polisi Abdulrahman Baso.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com