Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditangkap Sebagai Kurir Sabu, ABK di Makasar Gagal Jadi Perwira

Kompas.com - 10/03/2017, 12:40 WIB
Sukoco

Penulis

NUNUKAN, KOMPAS.com – Suparman (25) ABK sebuah kapal swasta yang melayani rute Nunukan–Sulawesi gagal mengikuti wisuda di sebuah sekolah pelayaran. Ia ditangkap Satuan Reskoba Polres Nunukan Kalimantan Utara.

Suryana ditangkap menyusul terbongkarnya jaringan sabu dari Malaysia ke sejumlah daerah di Sulawesi.

"Padahal 2 hari lagi dia ini diwisuda menjadi perwira di salah satu sekolah pelayaran,” ujar Kasatreskoba Polres Nunukan Iptu Muhammad Hasan, Jumat (10/03/2017).

Keberadaan Suparman sebagai kurir narkoba terdeteksi anggota Polres Nunukan ketika membekuk dua rekannya yang akan mengantarkan sabu sabu seberat 500 gram ke Pelabuhan Pare Pare Sulawesi Selatan.

Suparman merupakan kurir yang menerima sabu sabu dari Malaysia untuk dikirimkan kepada pemilik barang yang bernama Ami, seorang narapidana di Lapas Makasar.

"Dari pengakuan, dia sudah dua kali melakukan pengiriman,” imbuh M Hasan.

Suparman mengaku mendapat upah hingga Rp 20 juta untuk menyelendupkan sabu-sabu dari Malaysia ke Indonesia. Bahkan ia mengatakan, biaya sekolah pelayaran yang ia ikuti dari hasil kurir sabu-sabu.

"Dari pengakuan, dia kuliah dari uang upah sabu itu. Kalau sekolah perwira kan hanya beberapa bulan saja,” ucap Hasan.

Anggota Polres Nunukan sempat kehilangan kontak dengan Suparman karena kabur begitu mengetahui polisi telah mengetahui identitasnya. Namun akhirnya Suparman dapat ditangkap di sebuah pegungungan di Kolaka tempat persembunyiannya.

"Untuk ke lokasi kita naik gunung sekitar 3 jam. Dia lari mengetahui identitasnya diketahui,” pungkasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com