Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencari Tuhan, Alasan Pelajar SMP Asal Bogor Tinggalkan Rumah Orangtua

Kompas.com - 08/03/2017, 08:00 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - ESB (14), pelajar kelas VIII di SMP di Cibungbulang yang pergi dari rumahnya di Leuwiliang, Kabupaten Bogor, diketahui berada di Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Ayah ESB, Teger (44), mengatakan, keberadaan anaknya itu diketahui melalui pesan di jejaring sosial Facebook, Sabtu (4/3/2017), yang dikirim sendiri olehnya.

Dalam pesan itu, lanjut Teger, ESB mengaku kecewa karena kepergiannya untuk menyerahkan diri kepada Tuhan disebarluaskan melalui pemberitaan dan media sosial.

"Sekarang saya sudah ada di Sumatera. Sudah ketemu anak saya. Dia sekarang ada di rumah om-nya di sini," ucap Teger saat dihubungi, Senin (6/3/2017).

Teger menjelaskan, ESB mengaku pergi dari rumah karena ingin bersekolah di asrama. ESB ingin mengabdikan dirinya dan tidak ingin kembali ke Bogor.

"Dia jual handphone-nya untuk pergi ke Sumatera, naik bis dari Terminal Baranangsiang Bogor seorang diri," kata Teger.

ESB pergi dari rumahnya, Selasa (28/2/2017), setelah meninggalkan sepucuk surat yang berisi alasannya pergi untuk menyerahkan diri kepada Tuhan serta menghilangkan keinginan duniawi.

Sebelumnya, ESB kabur dari rumah setelah mengaku terpilih dari jutaan umat lainnya dan akan menyerahkan diri kepada Tuhan serta menghilangkan keinginan duniawi.

"Bapa di Sorga telah memilih saya, dan saya telah menyerahkan diri saya kepada Bapa di Sorga," tulis ESB dalam surat itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com