Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsulat RI Minta Aparat Malaysia Bebaskan 6 Nelayan Sebatik

Kompas.com - 04/03/2017, 23:11 WIB
Sukoco

Penulis

NUNUKAN, KOMPAS.com - Konsulat RI di Tawau Malaysia memastikan, 6 nelayan Sebatik yang ditangkap aparat Malaysia dalam kondisi baik.

Konsulat RI di Tawau Malaysia Krisna Djaelani mengatakan, pihak konsulat telah menemui keenam nelayan Sebatik yang ditangkap aparat Malaysia saat mencari ikan di perairan Tinagat tersebut.

"Pemerintah Indonesia, dalam hal ini KRI Tawau sudah menemui keenam nelayan WNI yg ditangkap. Mereka dalam keadaan baik," ujar dia, Sabtu (04/03/2017).

(Baca juga: Keluarga Nelayan Sebatik Upayakan Pendekatan Kekeluargaan)

Krisna menambahkan, Pemerintah Indonesia melalui KRI di Tawau juga telah telah mengajukan permohonan pemulangan keenam nelayan tersebut.

Namun, keenam nelayan tersebut saat ini masih diperiksa oleh aparat keamanan Negara Malaysia.

"KRI Tawau sudah mengajukan permohonan agar keenam nelayan dapat segera dipulangkan. Namun, mereka masih diperlukan keberadaannya untuk diperiksa atau diambil keterangannya oleh pihak berwenang," kata dia.

Sebelumnya, 6 nelayan Sebatik diamankan oleh aparat Malaysia Jumat (03/03/2017) karena kedapatan mencari ikan di perairan Tinagat Malaysia.

(Baca juga: Nelayan Sebatik yang Ditangkap Malaysia Terancam Didenda Rp 10 Miliar)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com