Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lukisan Wajah Raja Salman Berukuran 3x4 Cm Karya Pelukis Asal Pasuruan

Kompas.com - 02/03/2017, 08:10 WIB
Kontributor Pasuruan, Moh. Anas

Penulis

PASURUAN, KOMPAS.com - Kedatangan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud, membawa eforia tak hanya di Jakarta dan Bali. Demam Raja Salman mendorong Jupri Abdullah (55), pelukis asal Dusun Sejo, Desa Karangrejo, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, melukis wajah raja dalam ukuran mini, 3x4 sentimeter.

Agar mirip dengan aslinya, Jupri menggunakan kaca pembesar selama proses melukis.

"Lukisan ini saya buat beberapa hari yang lalu dengan ekstra hati hati karena saya tidak mau mengecewakan beliau (Raja Salman)," ucap Jupri, Rabu (1/3/2017).

Saat ditemui di ruang tamu yang sekaligus tempat galerinya, Jupri mengaku sengaja membuat lukisan Raja Salman karena kedatangannya ramai dibicarakan. Selain itu, dia mau menantang dirinya.

Menurut Jupri, jika dibandingkan dengan lukisan mini yang dibuat sebelumnya, gambar Raja Salman lebih sulit. Karena dari foto yang ditirunya, Raja Salman mengenakan kain sorban yang mempunyai motif.

"Makanya saya pakai kaca pembesar saat melukis. Setiap detail wajahnya harus menyerupai dengan aslinya. Bahkan, saya harus berulang kali membuat lukisan ini agar mirip dengan aslinya pakian yang dikenakan," ungkapnya.

Bagi Jupri, membuat lukisan tokoh nasional maupun internasional dengan ukuran mini memang sudah pernah dilakukan, mulai dari mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden Joko Widodo bahkan Barrack Obama juga pernah dilukisnya.

Untuk itu, dengan melukis Raja Salman yang hari ini dijadwalkan tiba di bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta bisa menguntungkan kerjasama Indonesia-Arab Saudi. Khususnya bidang ekonomi, budaya dan kesenian. Dan rencananya hasil karyanya tersebut akan diberikan ke Raja Salman melalui duta besar.

"Besar harapan lukisan saya bisa diberikan ke Raja Salman. Tentu itu akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi saya," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com