Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, Kota Makassar Gelar Pemilihan Serentak Ketua RW dan RT

Kompas.com - 26/02/2017, 10:00 WIB
Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Sebanyak 680.000 lebih warga Kota Makassar melakukan pemilihan ketua RW dan RT secara serentak di 15 kecamatan, Minggu (26/2/2017).

Mereka yang memilih tercatat sebagai warga yang telah memiliki kartu keluarga di 15 kecamatan di Kota Makassar.

Pemilih RW dan RT hanya satu orang dalam satu KK mewakili keluarganya yang lain untuk menentukan pilihannya di TPS yang telah disiapkan di setiap RW.

Tata cara pemilihan RW dan RT pun sama dengan pemilihan kepala daerah. Dilaksanakan oleh panitia pelaksanaan pemilihan RW dan RT, warga memilih dengan membawa surat undangan yang telah diedarkan. Memilih ketua RW dan RT di surat suara yang dicoblos di bilik suara, lalu dimasukkan ke kotak suara.

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan mengatakan, sebanyak 9.104 calon bersaing memperebutkan kursi di 5.956 RW dan RT yang tersebar di wilayah Makassar, dengan rincian 2.085 calon ketua RW dan 7.019 calon ketua RT.

"Dalam pemilihan (ketua) RW dan RT ini, tidak ada yang kalah maupun menang. Agar tidak menimbulkan masalah di tengah masyarakat. Yang terpilih akan menjalankan tugas sebagai ketua RW dan RT. Bagi yang kalah, akan menjadi dewan penasihat yang akan mengawasi kinerja RW dan RT. Dewan penasihat ini juga dilengkapi SK Wali Kota Makassar dan mendapat honor. Mereka semua bertugas membantu menjalankan program pemerintah di masyarakat," katanya.

Wali kota yang akran disapa Danny ini berharap, kerja RW dan RT bisa lebih optimal melayani masyarakat. Dengan begitu, seluruh ketua RW dan RT akan dibekali ponsel pintar yang telah dilengkapi aplikasi Pemerintah Kota Makassar.

"Saya memilih di daerah pemilihanku di RW 1, RT 1, Kelurahan Mamajang Selatan, Kecamatan Mamajang," kata Danny.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu'mang ikut juga memilih ketua RW dan RT di Kota Makassar. Agus memilih di TPS RW 3 di Kelurahan Masale, Kecamatan Rappocini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com