Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir di Gorontalo Utara Kian Meluas

Kompas.com - 23/02/2017, 11:40 WIB
Rosyid A Azhar

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com – Kawasan yang dilanda bencana banjir makin meluas di Kabupaten Gorontalo Utara.

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), setidaknya terdapat 3 kecamatan yang paling parah diterjang banjir, yakni Tolinggula, Biau dan Sumalata.

Bahkan banjir juga menggenangi jalan Trans Sulawesi bagian utara yang menghubungkan Provinsi Gorontalo dan Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah. Di jalan raya ini, ketinggian air mencapai 50 sentimeter.

“Data sementara yang dihimpun BPBD Gorontalo Utara, desa-desa yang diterjang banjir adalah Kasia, Hutokalo, Didingga, Biau, Omuto, Tolinggula Ulu, Tolite Jaya, Limbato, Tolinggula Tengah,” kata Nurdin Humolungo, kepala Bidang Kedaruratan BPBD Gorontalo Utara, Kamis (23/2/2017).

Baca juga: Banjir Setinggi 1,5 Meter Landa Tolinggula Gorontalo Utara

Hujan yang terus mengguyur wilayah utara Provinsi Gorontalo ini memperparah kondisi kawasan bencana. Material kayu dan lumpur terbawa hingga ke permukiman warga.

Personel BPBD yang berada di lapangan melaporkan, akses menuju lokasi sangat berat karena beberapa ruas jalan putus akibat tanah longsor dan genangan air, sehingga menghambat penyaluran bantuan.

“Jarak menuju ke daerah bencana sekitar 3 jam perjalanan darat,” imbuh Nurdin Humolungo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com