Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolri: Sumatera Utara Harus Berubah

Kompas.com - 06/02/2017, 07:00 WIB

MEDAN, KOMPAS.com - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian berharap bahwa masyarakat dan aparatur di Sumatera Utara mampu mengubah citra negatif dan anekdot yang melekat pada daerah itu.

Dalam peluncuran e-policing "Polisi Kita" di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (5/2/2017), Tito menyebutkan, adanya pameo yang menyebutkan Sumut dengan istilah "Semua Urusan melalui Uang Tunai".

Anekdot tersebut memberikan citra negatif bagi Sumut karena seolah-lah segala urusan tidak dilaksanakan secara profesional, melainkan transaksional.

"Sumut harus diubah menjadi Semua Urusan Musti Tuntas," katanya dalam acara yang juga dihadiri Gubernur Sumut HT Erry Nuradi, Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amleza Dahniel, dan Wali Kota Medan Dzulmi Eldin itu.

Menurut Tito, Sumut merupakan salah satu provinsi yang paling maju dan banyak pembangunannya di Tanah Air. Namun, pembangunan tersebut diharapkan bukan hanya dari aspek infrastruktur, tetapi juga budaya, termasuk budaya dalam pelayanan publik.

Untuk mencapai hasil yang maksimal, budaya negatif yang ada harus dihilangkan, terutama budaya aparatur pemerintahan.

"Kalau aparatnya bersih, Sumut pasti akan lebih maju dan menjadi model di Indonesia," ujar mantan Kapolda Metro Jaya itu.

Tito juga berharap bahwa program "e-policing" atau pelayanan kepolisian terpadu berbasis elektronik mampu memberikan pengaruh positif, terutama dalam pelayanan publik di Sumut.

"Kami berharap ini tidak berhenti dalam peluncuran saja. Kami tunggu realisasinya," tegas Tito.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com