Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pontianak Pecahkan Rekor MURI untuk Penggoreng Pisang Terbanyak

Kompas.com - 05/02/2017, 18:46 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Pontianak kembali memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk penggoreng pisang terbanyak di Indonesia. Rekor tersebut terpecahkan dengan kehadiran jumlah 131 penggoreng pisang yang menghasilkan 2017 buah pisang goreng.

Penyerahan penghargaan MURI ini dilakukan di dalam Pontianak Food and Fashion Festival (PFFF) yang digelar di halaman parkir A Yani Mega Mall Pontianak, Minggu (5/2/2017).

Wali Kota Pontianak Sutarmidji mengatakan, rekor ini merupakan kelima kalinya dari rekor-rekor yang berhasil dipecahkan Kota Pontianak dan dibukukan MURI. Ke depan, pihaknya dengan dukungan Bank Mandiri dan beberapa BUMN yan lain akan memecahkan rekor-rekor lainnya.

“Kami sedang siapkan rekor apa yang akan kami pecahkan. Mudah-mudahan bertepatan Hari Jadi Kota Pontianak tahun ini yang jatuh pada bulan Oktober mendatang, akan ada satu atau dua rekor MURI yang bisa dicatatkan lagi di sini,” ujar Sutarmidji melalui siaran pers, Minggu (5/1/2017).

Menurut dia, rekor baru yang berhasil dibukukan Pontianak sebagai penggoreng pisang terbanyak sudah pantas. Pasalnya, Pisang Nipah atau kerap disebut pisang kepuk ini sudah cukup terkenal di luar Pontianak dan Kalbar.

“Bukan hanya di dalam negeri saja bahkan hingga mancanegara. Di Jakarta, cukup banyak yang membuka gerai Pisang Goreng Pontianak,” ujarnya.

Senior Manajer MURI, Awan Rahargo, menjelaskan, pemecahan rekor ini merupakan peristiwa superlatif sebab melibatkan peserta terbanyak. Hal itu merupakan satu dari beberapa kriteria MURI, selain unik dan langka.

“Hari ini dalam rangka mengangkat kuliner ikonik khas Pontianak, selain jeruk Pontianak, pisang goreng Pontianak ini digoreng oleh peserta terbanyak dan dicatat dalam rekor MURI,” ucapnya.

Ketua Panitia PFFF Edi Hartono menambahkan, acara khusus untuk memecahkan rekor MURI sebelumnya ini sengaja digelar supaya pisang goreng Pontianak jangan sampai diklaim pihak lain.

“Sebab pisang goreng Pontianak adalah kuliner asli Pontianak. Makanya kami buat rekor MURI bahwa pisang goreng identik dengan Kota Pontianak,” ungkapnya.

Edi menambahkan, ke depannya, acara serupa akan kembali digelar dengan menggali kuliner khas Pontianak lainnya.

“Ada banyak pilihan, yang jelas khas Pontianak. Mungkin ada dua atau tiga jenis,” ungkap Edi.

Senior Vice President Group Head Transaction Banking SME Sales, PT Bank Mandiri Persero Tbk, Angga Erlangga Hanafie menuturkan, pemecahan rekor ini digelar lantaran pisang goreng Pontianak pada dua atau tiga tahun lalu pernah menjadi tren hampir di seluruh Indonesia.

Bahkan, imbuh Angga, gerai pisang goreng Pontianak di Jakarta kerap dijejali pembeli yang mengantre.

“Ada satu kekhasan yang berbeda dengan pisang-pisang lain. Di sini bisa dikreasi, ada yang menggunakan karamel dan lain sebagainya,” imbuhnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com