Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Tenggelam, 7 Penumpang Selamat Terbawa Ombak ke Pantai

Kompas.com - 03/02/2017, 18:08 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Sebuah kapal kayu yang memuat tujuh orang penumpang tenggelam diterjang gelombang laut di Pantai Ketapang 1, Kelurahan Tode Kiser, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala Kepolisian Sektor Kelapa Lima Ajun Komisaris Polisi Basit Algadri mengatakan, kejadian baru saja terjadi beberapa saat lalu yakni sekitar pukul 15.30 Wita. Menurut Basit, para penumpang kapal naas itu berhasil selamat, setelah diempas ombak hingga daratan.

”Tujuh penumpang yang selamat ini yakni enam orang laki-laki dan satunya perempuan. Mereka adalah Isro Pello, Udin Lahoya, Joko, Mashar, Markus Bolla, Mustafia Tong dan Josepus Oan,” ujar Basit, Jumat (3/2/2017) petang.

Kejadian itu, lanjut Basit, bermula saat kapal itu berangkat dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kelurahan Oeba, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang, dengan tujuan Pelabuhan Papela, Kabupaten Rote Ndao.

Namun belum lama berselang atau tepatnya di depan Laut Kepatapang 1, kapal tersebut tenggelam karena gelombang tinggi dan angin kencang.

“Akibatnya kapal mengalami kebocoran sehingga akhirnya terbalik. Dari tujuh orang penumpang, salah satu korban yakni Isro Pello, memeluk jeriken hingga daratan dan ditolong oleh warga yang berada di sekitar Pantai Ketapang 1,” ujar Basit.

“Sementara itu, enam korban yang lain berpegang kuat pada bodi kapal kayu dua GT yang terbalik. Kapal itu kemudian dipukul ombak hingga daratan. Selanjutnya warga yang ada di pinggir pantai, membantu menarik kapal serta menyelamatkan korban,” sambungnya.

Saat ini, lanjut Basit, para korban kecelakaan laut langsung dibawa oleh warga dan anggota polisi serta Basarnas ke RSU Kota Kupang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com