Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kotak Suara Rusak dan Terbongkar Digunakan pada Pilkada Sulbar

Kompas.com - 03/02/2017, 10:41 WIB
Junaedi

Penulis

MAMUJU UTARA, KOMPAS.com — Diduga karena ditumpuk terlalu banyak dalam gudang penyimpanan selama bertahun-tahun, sejumlah kotak suara di kantor Komisi Pemilihan Umum Polewali Mandar, Sulawesi Barat, rusak dan terbongkar.

Temuan itu diketahui saat kotak suara akan didistribusi ke 16 kecamatan di Polewali Mandar, Kamis (2/2/2017) kemarin.

Sejumlah kotak suara yang sempat terlihat rusak terpaksa diturunkan dan diberi plakban sebelum dikirim kembali ke kecamatan.

Meski kondisinya rusak dan berpotensi dimanipulasi, kotak suara ini tetap dikirim dan hanya diberi penutup plakban agar semua dokumen rahasia negara di dalamnya tidak terbongkar selama dalam perjalanan.

Dalam kotak suara yang didistribusikan tersebut terdapat surat suara, amplop, formulir, tinta, dan dokumen lain. Ikatan las atau perekat lempengan timah yang mengikat kotak suara terbongkar.

Sebagian kotak suara tersebut sudah sempat dinaikkan ke truk dan mobil dobel gardan yang akan mengantar ke setiap kecamatan. Kotak terpaksa diturunkan kembali karena polisi meminta agar kotak suara berisi dokumen penting itu diperbaiki.

Kotak surat suara tidak layak tersebut kemudian diplakban oleh petugas KPU agar dokumen di dalamnya tidak bisa diambil atau keluar.

Distribusi kotak suara dan dokumen lain itu dilakukan mulai pada Rabu (1/2/2017) khusus untuk kecamatan yang sulit terjangkau, antara lain Alu, Matangnga, dan Tutar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com