Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Deras, Longsor Terjang Kampung Padat Penduduk di Malang

Kompas.com - 25/01/2017, 18:23 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Hujan deras yang melanda kawasan Kota Malang, Jawa Timur, menyebabkan tanah longsor di Jalan Muharto gang 7 RT 8 RW 7 Kelurahan Kotalama, Rabu (25/1/2017) sekitar pukul 14.00 WIB.

Longsor yang terjadi di daerah padat permukiman itu menyebabkan dua rumah warga rusak. Di antaranya rumah milik Seno yang ada diatas tanah yang longsor. Sebagian pondasi rumahnya amblas dan menyebabkan rumah itu tergantung.

Selain itu, longsor juga merusak rumah milik Samsul yang ada di sisi bawah tebing. Sebagian rumahnya rusak akibat runtuhan material longsor.

"Jalan di lokasi longsor juga tidak dapat dipergunakan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang, Hartono.

Hartono menjelaskan, tebing yang longsor sepanjang delapan meter dengan tinggi delapan meter. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Meski demikian, bekas longsor bisa menyebabkan longsor susulan.

"Dampak yang mungkin terjadi apabila hujan terus menerus akan terjadi longsor susulan," ungkapnya.

Saat ini, petugas dibantu warga setempat sedang melakukan kerja bakti untuk menyingkirkan material longsor. Bekas lokasi longsor juga ditutupi dengan terpal untuk mencegah terjadinya longsor susulan.

"Upaya yang dilakukan saat ini koordinasi dengan RT RW dan warga setempat. Sekarang warga sedang kerja bakti," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com