Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanah Longsor dan Banjir Landa Yogyakarta akibat Hujan Deras

Kompas.com - 24/01/2017, 16:24 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diguyur hujan lebat disertai angin kencang. Akibatnya, beberapa wilayah di DIY diterjang banjir dan tanah longsor.

"Hujan deras yang mengguyur Yogyakarta dan sekitarnya terjadi pada pukul 12.11 WIB," ucap Kasi Kedaruratan Pusdalop BPBD DIY, Danang Samsurizal, Selasa (24/1/2017).

Danang menjelaskan, berdasarkan data Pusdalop BPBD DIY, hujan deras disertai angin kencang juga menyebabkan pohon di sejumlah lokasi tumbang. Pohon tumbang terjadi di Jalan Timoho, Kota Yogyakarta, dan menutup akses jalan.

Pohon tumbang juga terjadi di kawasan Fakultas Kedokteran UGM dan menimpa tempat parkir serta beberapa sepeda motor. Peristiwa serupa terjadi di Tambakrejo, Sariharjo, Ngaglik, dan Sleman.

"Tanah longsor terjadi di Samigaluh, Kulonprogo, dan menutup akses jalan," ujarnya.

Hujan deras juga menyebabkan Sungai Gajah Wong dan Kali Mambu meluap dan menggenangi beberapa rumah warga di sekitarnya.

Luapan Sungai Gajah Wong mengakibatkan permukiman warga di utara museum Affandi Jalan Solo tergenang. Kali Mambu juga meluber ke jalan hingga setinggi lutut orang dewasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com