Gandeng TNI AU, Angkasa Pura 1 Razia Taksi Ilegal di Bandara Makassar - Kompas.com

Gandeng TNI AU, Angkasa Pura 1 Razia Taksi Ilegal di Bandara Makassar

Kontributor Makassar, Hendra Cipto
Kompas.com - 23/01/2017, 14:14 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto Personil gabungan pengamanan PT Angkasa Pura 1 dan personil TNI AU merazia mobil rental dan taksi ilegal yang beroperasi di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Senin (23/1/2017).

MAKASSAR, KOMPAS.com - Personel gabungan pengamanan PT Angkasa Pura (AP) 1 dan TNI AU merazia taksi ilegal berpelat hitam yang beroperasi di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Senin (23/1/2017).

PT Angkasa Pura 1 akan meminta aparat kepolisian dari Direktorat Lalulintas Polda Sulsel agar melakukan penilangan terhadap taksi ilegal yang beroperasi di Bandara tersebut, karena mengganggu keamanan dan kenyamanan penumpang.

"Sudah lama ternyata taksi ilegal ini beroperasi secara terselubung. Makanya kami akan melibatkan aparat kepolisian dalam penertiban. Nantinya, polisi bisa memberikan efek jera kepada taksi ilegal dengan tilang," kata Humas PT AP 1, Turah Aji.

Menurut dia, jika tilang diberikan. Otomatis kendaraannya disita oleh aparat kepolisian. Tentunya kendaraan yang disita, tidak dapat kembali beroperasi di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar.

"Rata-rata mobil rental atau taksi itu masih proses cicilan. Jika disita, tidak bisa beroperasi dan menghasilkan. Apalagi kalau disita selama 3 bulan, ya bisa-bisa mobil angkutan umum ilegal itu ditarik oleh leasing atau perusahaan pembiayaan," katanya.

Dari pantauan di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, mobil rental dan taksi ilegal yang terjaring razia oleh petugas kabungan langsung diberhentikan. Petugas menyita surat-surat kendaraan mobil rental maupun taksi ilegal dan penumpangnya diturunkan.

Penumpang yang turun dari mobil rental maupun taksi tidak melakukan pembayaran dan mencari taksi legal yang ada di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Dalam razia itu, tak sedikit mobil rental dan taksi ilegal terjaring.

Kecelakaan

Saat razia berlangsung, sebuah mobil taksi Gowa Mas yang hendak masuk ke Bandara Sultan Hasanuddin Makassar mengalami kecelakaan. Mobil taksi terpental, akibat melaju dengan kecepatan tinggi di saat jalan licin guyuran hujan deras.

Taksi itu melaju kecepatan tinggi, karena mengejar jadwal penerbangan penumpangnya yang hendak ke Papua.

Sopir dan seorang penumpang yang hendak melakukan penerbangan berhasil selamat dan hanya mengalami cedera ringan. Namun, mobil taksi yang mengalami kecelakaan di jalan poros masuk Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar rusak parah setelah menabrak sebuah pohon yang berdiri di median jalan.

PenulisKontributor Makassar, Hendra Cipto
EditorErlangga Djumena
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM