Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pebalap Bisa Pacu Kendaraan 303 Km/Jam di Sirkuit Jakabaring

Kompas.com - 12/01/2017, 07:15 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.com - Kabid Perumahan dan Tata Bangunan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Sumsel Aminuddin mengatakan, di sirkuit motoGP yang akan dibangun di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, pebalap dapat memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi.

Dia menyebutkan, kecepatan puncak di lintasan lurus bisa mencapai 303 km per jam. Sirkuit bisa ditempuh dalam 89,8 detik per putaran.

"Berarti memang benar-benar cepat kalau satu putaran saja sampai 89,8 detik," kata Amin saat di temui di kantornya, Rabu (4/1/2017).

Amin menjelaskan, sirkuit balap motor ini akan dibangun di atas lahan 120 hektar.

Sirkuit tersebut akan dibuat 14 tikungan dengan rincian lima tikungan ke kanan dan sembilan tikungan ke kiri, sedangkan tikungan ke-14 merupakan tikungan yang paling sulit ditaklukkan.

"Paling sulit karena dari track lurus, pebalap dapat melaju kecepatan hingga 271 km/jam dan langsung bertemu tikungan ke-14, tikungan tertajam yang melaju dengan kecepatan 90 km/jam," terangnya.

Selain itu, lanjut Amin, ada sembilan tribun yang akan menampung 130.000 penonton dan administrasi. Masing-masing tribun yang berada di dalam Sirkuit MotoGP memiliki daya tampung penonton yang berbeda-beda.

Dia mencontohkan, dari sembilan tribun, ada tribun yang dapat menampung paling sedikit 7.500 penonton dan paling banyak dapat menampung hingga 21.000 penonton.

Berita ini telah tayang di Tribun Sumsel, Rabu (4/1/2017), dengan judul: Satu Putaran, Sirkuit MotoGP Jakabaring Dapat Menempuh Waktu Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com