Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Cabai Mahal, Ganjar Imbau Warga Menanam di Rumah

Kompas.com - 10/01/2017, 22:02 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengimbau masyarakat untuk mulai menanam cabai di depan rumah masing-masing sehingga tidak terlalu terpengaruh dengan fluktuasi harga cabai di pasaran. Harga cabai beberapa pekan terakhir di Jawa Tengah mencapai Rp 80.000-Rp 100.000 per kilogram.

"Mulai sekarang, yok kita tanam cabai di depan rumah. Kalau di desa, bisa tanam di lahan. Kalau di kota yang tidak memiliki lahan, maka bisa menggunakan pot. Kalau kita bisa tanam sendiri, itu luar biasa," ujar Ganjar, Selasa (10/1/2017).

Menurut Ganjar, meroketnya harga cabai, terutama rawit merah, di Jawa Tengah disebabkan banyak cabai yang justru dijual ke luar Jawa. Artinya, perniagaan cabai hanya memutar dari daerah satu ke daerah lain.

"Karena dijual di luar Jawa sehingga harga sampai di pasaran sudah terbebani dengan ongkos transportasi," kata dia.

Selain itu, ujar mantan anggota DPR RI itu, kenaikan harga cabai juga dipengaruhi oleh faktor cuaca yang tidak menentu. Menurut dia, operasi pasar (OP) cabai memang perlu, tetapi karena sejumlah alasan membuat OP sulit untuk direalisasikan.

"OP perlu banget, tetapi sing arep dinggo OP opo? (yang mau digunakan untuk OP apa?) Kalau minta Bulog, mereka juga mau cari di mana?" ucapnya.

Pihaknya sudah meminta kepada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan serta Dinas Perdagangan untuk mengecek stok cabai yang ada untuk stabilitasi harga.

Ganjar mengakui bahwa kenaikan harga cabai yang sangat tinggi sudah melampaui garis merah dan sudah rawan. Maka dari itu, ia berencana hendak membeli cabai dari Sulawesi Selatan untuk menambah stok cabai di Jawa Tengah. Namun, Ganjar belum dapat memastikan kapan rencana itu akan dilaksanakan.

"Kita tidak bisa memastikan 'paling cepat atau lambat' kapan karena kita belum tahu posisinya persis ada di mana," ujarnya.

Harga cabai, terutama cabai rawit merah, di pasaran Jawa Tengah saat ini sudah mencapai Rp 92.000 per kilogram atau naik 62,5 persen. Cabai merah keriting Rp 43.000 per kilogram, cabai rawit hijau Rp 55.000, dan cabai merah teropong Rp 26.000 per kilogram. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com