Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub: Terminal Bandara Baru Banyuwangi Beroperasi Maret 2017

Kompas.com - 31/12/2016, 12:53 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan bahwa terminal Bandara Blimbingsari Banyuwangi yang baru akan beroperasi pada Maret 2017.

Hal tersebut disampaikan Budi Karya Sumadi saat berkunjung ke Banyuwangi dan meninjau Bandara Blimbingsari, Sabtu (31/12/2016).

"Nanti ada penebalan landasan dan PCN dinaikkan menjadi 40 agar (Boeing) 737 bisa mendarat. Selain itu apron nanti juga akan diperpanjang. Anggarannya antara 40 sampai 50 miliar nanti akan kita kalkulasi lagi," jelas Budi.

Menurutnya, jika PCN sudah dinaikkan, maka direct flight Jakarta-Banyuwangi segera bisa diwujudkan pada Maret 2017.

Baca juga: Terminal Baru Bandara Blimbingsari Bisa Tampung 250.000 Pengunjung

Selain itu, Budi juga mempersilakan Pemkab Banyuwangi untuk menerima jika ada yang menawari penerbangan internasional, namun bandara harus dipersiapkan dengan baik.

"Sebelum jadi bandara internasional, turis harus positif ada. Harus ada turis yang datang ke sini, bukan orang kita yang ke luar negeri. Itu yang harus diperhatikan," jelasnya.

Ia juga mengatakan, Bandara Blimbingsari bisa dijadikan contoh bagi bandara-bandara lainnya, bukan hanya secara fungsional tetapi juga fungsi lain seperti fungsi edukatif dan menjadi daya tarik bagi wisatawan.

"Saya mengapresiasi pembangunan bandara ini. Bandara Blimbingsari salah satu bentuk pemikiran yang fresh dengan konsep green-nya. Banyuwangi ini istimewa, dulu bukan apa-apa dan sekarang menjadi apa-apa," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com