Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terminal Baru Bandara Blimbingsari Bisa Tampung 250.000 Pengunjung

Kompas.com - 15/12/2016, 19:25 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Kepala Bandara Blimbingsari Dodi Dharma Cahyadi menjelaskan, terminal baru di Bandara Blimbingsari terdiri dari dua lantai dan memiliki luas sekitar 5.000 hektar dan bisa menampung sebanyak 250.000 pengunjung.

"Di sini juga disiapkan fasilitas seperti anjungan untuk keluarga yang ingin mengantar, ruang tunggu, kafe dan mushala. Untuk landasan pacu sepanjang 1.800 meter dan akan ditambah menjadi 2.500 meter," ucapnya di sela kunjungan Wakil Presiden Jusuf Kalla ke Bandara Blimbingsari, Kamis (15/12/2016).

Pembangunan Bandara Blimbingsari menghabiskan dana sekitar Rp 100 miliar yang berasal dari APBD dan merupakan bandara yang mengambil konsep green building yang memanfaatkan energi alam dari matahari sebagai penerang ruangan di siang hari.

Selain itu, pemanfaatan kayu sebagai kisi-kisi dinding bandara hingga angin bisa lewat dengan bebas membuat bandara tersebut minim menggunakan AC.

Sebelumnya diberitakan, saat meninjau terminal baru di Bandara Blimbingsari Banyuwangi, Kalla meminta agar bandara yang rencananya akan dioperasikan pada 2017 dibuat nyaman.

"Terminal harus dibuat modern karena orang yang bepergian itu harus nyaman dan santai," ujar Kalla.

Saat berkunjung, Kalla didampingi Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

(Baca juga: JK: Orang Bepergian Itu Ingin Nyaman, Jadi Terminal Bandara Harus Modern)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com