Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Berwisata ke Rumah Dinas Ridwan Kamil? Ini Syaratnya

Kompas.com - 25/12/2016, 19:31 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil membuka pintu selebar-lebarnya bagi warga yang ingin menikmati suasana rumah dinasnya atau Pendopo Kota Bandung.

Namun, ada sejumlah syarat untuk bisa mengunjungi tempat bersejarah di Kota Bandung tersebut.

"Syaratnya, berpakaian sopan, tidak bawa makanan dan minuman serta menyesuaikan dengan peraturan di sini. Silakan registrasi di pos keamanan untuk menandakan yang datang orang-orang yang bertanggung jawab. Kendaraan tidak boleh parkir di sini, di Alun-alun saja," ucap Ridwan saat ditemui di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Sabtu (24/12/2016) malam.

"Silakan datang ramai-ramai, wisatawan, warga Bandung yang mau foto-foto melihat, dan yang belum datang ke sini," tambah Emil, sapaan akrabnya.

Mengingat ada bagian rumah dinas yang merupakan area pribadi wali kota, wisatawan diizinkan masuk hanya sampai bagian depan, tanpa bisa melihat seluruh isi bangunan.

"Karena saya juga hanya numpang lewat bukan rumah pribadi jadi ingin merasakan rakyat merasa memiliki. Tapi,tidak boleh masuk ke bangunan utama karena ini ruang pribadi, jadi hanya di daerah (depan) Pendopo saya kira tidak masalah. Jadi setengah untuk publik, setengah untuk pribadi," tuturnya.

Emil menjelaskan, wisata sejarah Pendopo Kota Bandung memang diperuntukan bagi masyarakat yang sebelumnya hanya bisa melihat bangunan yang jadi rumah dinas bupati Bandung pertama itu.

"Sebetulnya bagi mereka yang ada urusan sudah sering ke sini, ada acara, pengajian, rapat, demonstrasi, tapi untuk masyarakat umum yang tidak ada urusan biasanya kan kagok. Jadi sekarang saya buka kesempatan mudah-mudahan menambah pengetahuan wisata sejarah Kota Bandung," ujar Emil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com