Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

156 Gereja di Bandung Adakan Kebaktian Natal, 2.200 Polisi Diterjunkan

Kompas.com - 23/12/2016, 22:02 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com- Kepala Polrestabes Bandung, Kombes Pol Hendro Pandowo mengatakan, ribuan personel kepolisian akan diterjunkan untuk mengamankan ibadah Natal yang dilakukan umat Kristiani.

"Polrestabes Bandung sudah siap mengamankan Natal dan tahun baru. Jumlah personel yang kita terjunkan 2.220 personel," ujar Hendro di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Jumat (23/12/2016).

Hendro mengatakan, pihaknya mewaspadai keramaian dengan massa yang cukup banyak pada saat Natal dan tahun baru. 

"Karena saat berkumpulnya massa ada kerawanan-kerawanan yang bisa ditimbulkan apakah tindak pidana, kemacetan, perkelahian dan lain sebagainya," ucapnya.

Sebanyak 156 gereja yang mengadakan kebaktian Natal akan diberikan pengamanan ketat agar para jemaat merasa aman dan nyaman dalam beribadah.

"2.220 personel itu untuk mengamankan 156 gereja. Masing-masing gereja dijaga antara tiga sampai lima personel polri. Kita juga melakukan koordinasi dengan pamdal," tuturnya.

Gereja-gereja dengan jumlah jemaat yang banyak akan mendapatkan prioritas pengamanan.  "Ada 13 gereja jadi prioritas karena jemaatnya banyak dan lokasinya di pinggir jalan sehingga kita harus melakukan peningkatan (pengamanan)," ujarnya.

Untuk perayaan tahun baru, 15 titik vital dipastikan terjadi kemacetan.

"Ada kemacetan pada 15 titik prioritas seperti Pasteur, Mohammad Toha, Sukajadi, Soekarno Hatta dan Buahbatu," sambung Hendro. 

Sementara itu, perayaan tahun baru akan dipusatkan di Alun-alun Bandung, Sasana Budaya Ganesha, Alun-Alun Bandung Timur (Ujungberung), Jalan Dago dan Gasibu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com