Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Sungai Tuntang Semarang Banjir, 5 Rumah dan 1 Jembatan Rusak

Kompas.com - 17/12/2016, 11:39 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - Dua desa di Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang, Jumat (16/12/2016) sekitar pukul 16.00 diterjang banjir bandang akibat meluapnya anak sungai Kali Tuntang.

Camat Bringin, Muh Tanwir mengatakan, dua desa tesebut adalah Desa Sambirejo dan Desa Kalikurmo. Sebagian warga harus mengungsi lantaran rumahnya terndam banjir yang mencapai ketinggian 1,5 meter.

"Ada beberapa rumah warga Dusun Krajan RT 03 RW 01 Kalikurmo yang mengalami kerusakan. Aliran listrik di lokasi juga sempat dipadamkan untuk keamanan," kata Tanwir, dihubungi, Sabtu (17/12/2016) pagi.

Selain merendam permukiman, sebuah jembatan desa yang menghubungkan Desa Sambirejo dengan Desa Kalikurmo juga amblas akibat banjir.

Bagian yang ambrol dari jembatan tersebut adalah panjang lima meter dengan lebar tiga meter. Akibat terputusnya akses utama penghubung kedua desa, warga harus menempuh jalur alternatif sepajang lima kilometer melalui Desa Nyemoh dan desa Gogodalem.

"Awalnya hanya retak, lalu ambrol. Waktu kejadian untungya tidak ada pengguna jalan yang melintas," ujarnya Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Semarang, Joner Hutajulu.

Berdasarkan catatan yang ada, banjir akibat luapan anak sungai Tuntang tersebut bukanlah yang pertama kali melanda kawasan tersebut. sebelumnya pada 2011 dan 2013 juga pernah terjadi hal yang sama, namun dengan kerusakan yang lebih ringan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com