Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

100 Siswa SMK di Jayapura Dididik tentang Arti Penting Pelabuhan

Kompas.com - 10/12/2016, 20:02 WIB
Fabio Maria Lopes Costa

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com - General Manager PT Pelindo IV Cabang Jayapura Yusuf Yunus mengajar sekitar 100 siswa SMK Negeri I Jayapura di Distrik Jayapura Utara, Sabtu (10/12/2016) pagi.

Kegiatan ini merupakan wujud nyata dari program BUMN Mengajar yang terselenggara di sejumlah di Kota Jayapura.

Kegiatan ini berlangsung sekitar pukul 08.00 WIT hingga pukul 10.00 WIT. Dalam kegiatan ini, Yusuf menjelaskan tentang profil Pelindo sebagai badan usaha milik negara yang berperan penting untuk pengembang pelabuhan di Indonesia.

Ia pun memotivasi para siswa SMK Negeri I Jayapura agar bisa menjadi pegawai di PT Pelindo demi memajukan pembangunan infrastruktur dan pelayanan pelabuhan, khususnya di wilayah Papua.

Yusuf saat ditemui seusai program BUMN Mengajar, mengatakan, pihaknya wajib menyosialisasikan pentingnya pelabuhan secara masif kepada masyarakat, khususnya generasi muda.

"Para siswa SMK adalah tenaga siap kerja ketika mereka lulus nanti. Karena itu, dengan kegiatan ini bisa memotivasi mereka untuk berkarir di Pelindo di masa mendatang," kata Yusuf.

Ia pun menyatakan siap menerima para siswa SMKN I Jayapura untuk melaksanakan kegiatan magang di kantor Pelindo IV Jayapura sesuai jurusannya.

"Kami berharap sebanyak 20 hingga 30 siswa yang bisa magang di sejumlah bidang di Pelindo IV Jayapura, seperti akuntansi, manajemen, dan teknik," tambah Yusuf.

Laurensia Mahuse, salah satu siswa SMKN I Jayapura Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, mengatakan, kegiatan Program BUMN Mengajar sangat bermanfaat. Para siswa bisa mengetahui secara mendalam peran BUMN seperti Pelindo.

"Selama ini saya mengira pelabuhan hanya sebagai tempat untuk penumpang turun dan menaiki kapal saja. Teryata, pelabuhan juga sangat penting sebagai gerbang sektor perekonomian di Indonesia," tutur Laurensia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com