Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Disita Bank, Dadang Tinggal di Atas Pohon Selama 4 Tahun

Kompas.com - 09/12/2016, 12:36 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI,KOMPAS.com - Dadang (30) warga Dusun Bayatrejo, Desa Wringin Pitu, Kecamatan Tegaldlimo terpaksa tinggal di atas pohon selama empat tahun terakhir setelah rumah peninggalan orangtuanya disita oleh bank.

Di atas pohon berketinggian 6 meter tersebut, lelaki lajang tersebut beraktivitas seperti orang normal pada umumnya termasuk memasak.

Kepada Kompas.com Jumat (9/10), Dadang mengaku nekat membangun rumah kayu berukuran 4x3 diatas pohon yang berada di tepi jalan tepat di depan rumah peninggalan orang tuanya karena bingung akan tinggal di mana setelah rumah warisan tersebut disita oleh bank.

Menurut dia, setelah belasan tahun orang tuanya yaitu Parno dan Semi meninggal dunia, saudara kandungnya menjaminkan sertifikat rumah dan lahan untuk meminjam uang ke bank. Karena tidak bisa menyelesaikan tanggungan rumah tersebut di lelang oleh pihak bank.

"Yang buat saya heran nama saya dicoret dari KK dan dianggap bukan ahli waris oleh keluarga sendiri. Karena bingung saya dibantu tetangga membangun rumah di pohon sini dan sebelumnya juga sudah izin sama perangkat desa," ucapnya.

Untuk membangun rumah tersebut, Dadang menggunakan uang tabungannya sebesar Rp 4 juta hasil dari bekerja selama ini sebagai buruh serabutan.

"Saya tinggal sendirian disini. Saudara kandung saya enggak tahu kemana setelah rumah ini disita," katanya.

Dia juga sempat diminta untuk pindah ke rumah tanah seperti orang pada umumnya oleh

Perangkat desa sendiri sempat meminta Dadang untuk pindah ke rumah biasa. Namun hal itu ditolaknya.

"Kalaupun pindah saya hanya mau pindah ke rumah peninggalan orang tua saya. Kala enggak, ya saya akan tetap tinggal disini," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com