Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atasi Banjir Bandung, Jasa Marga Bakal Bantu Ridwan Kamil

Kompas.com - 25/11/2016, 17:18 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Pihak Jasa Marga akan membantu Pemerintah Kota Bandung untuk membantu mengurangi banjir di wilayah Bandung, Jawa Barat.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, Jasa Marga bersedia untuk mengeruk sejumlah aliran sungai yang melintas di area jalan tol.

Hal itu dikatakan Ridwan seusai melakukan rapat tertutup bersama jajaran direksi Jasa Marga di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Jumat (25/11/2016).

"Ada lima titik yang juga potensi banjir itu dalam dua minggu ke depan dikeruk oleh Jasa Marga," kata Emil, sapaan akrabnya.

Emil menjelaskan, sejumlah aliran sungai yang melewati jalan tol memang berpotensi menyebabkan banjir. Sebab, jalur sungai yang melewati area Jasa Marga kerap menyempit lantaran minimnya pemeliharaan.

"Karena banyak aliran sungai Bandung itu ngolongnya ke jalan tol mereka, itu (pengerukan) bagian pemeliharaannya. Dan banyak komplain dari masyarakat terjadi penyempitan luar biasa itu bagian rencana jangka pendek, koordinasi untuk mengurangi banjir," katanya.

Pada dasarnya, lanjut Emil, kondisi drainase di sekitar jalan tol kondisinya cukup baik. Namun, kurangnya pemeliharaan dan perhatian membuat sungai mudah dangkal.

"Sebenarnya tanpa diperbesar juga sudah memadai. Karena pemeliharaannya kurang optimal jadi menyusut, Cibaduyut juga banjirnya dari penyusutan. Mudah-mudahan dengan kerja sama yang baik potensi banjir berkurang," jelasnya.

Pengerukan sungai itu akan dimulai awal Desember mendatang untuk menyambut puncak musim hujan yang diprediksi turun pada Januari 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com