Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.200 Rumah Warga di Karawang Terendam Banjir

Kompas.com - 14/11/2016, 16:16 WIB

KARAWANG, KOMPAS.com - Bencana banjir merendam lebih dari seribu rumah di Karawang, Jawa Barat, Senin (14/11/2016), setelah meningkatnya curah hujan.

"Di Karawang banjir disebabkan meluapnya Sungai Citarum dan anak-anak sungai yang ada, sedangkan di Kota Tangerang disebabkan luapan dari Kali Angke dan drainase yang ada," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencna (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho lewat keterangan tertulis yang diterima di Jakarta.

Dia mengatakan, penyempitan tiang jembatan Kali Cirinjing, Karawang, dan sampah yang menyumbat drainase menyebabkan air tidak mampu mengalir. Selain itu, ribuan rumah terendam banjir karena banyak permukiman yang berkembang di dataran banjir.

Banjir di wilayah Kabupaten Karawang, lanjut dia, meluas sejak Jumat (11/11/2016) hingga Senin dan merendam pemukiman warga. Menurut Sutopo, pendataan masih terus dilakukan.

Banjir di Desa Telukbuyung, Karawang, menggenangi 678 rumah, dua masjid, dua sekolah dan tujuh mushola, sedangkan di Kompleks Perumahan Bintang Alam terdapat 650 rumah terendam banjir dengan 450 kepala keluarga (997 jiwa) terdampak.

(Baca juga: Hujan Deras Sejam, Sejumlah Ruas Jalan di Karawang Sempat Terendam Banjir)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com