Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orangutan Berumur 1 Tahun Diserahkan Warga ke BKSDA

Kompas.com - 10/11/2016, 20:46 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

KETAPANG, KOMPAS.com - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat menerima penyerahan satu individu orangutan (Pongo pygmaeus) dari warga Desa Pendamar Indah, Kecamatan Sandai, Kabupaten Ketapang.

Orangutan berjenis kelamin betina berusia sekitar satu tahun tersebut diberi nama Bonita oleh Hendrikus, warga yang menemukannya.

Kepala BKSDA Kalbar Sustyo Iriono mengungkapkan, orangutan tersebut ditemukan Hendrikus sekitar 4 bulan yang lalu di pinggir jalan dalam perjalanan melewati perkebunan sawit PT Jalin Vanio di daerah Kecamatan Simpang Hilir.

"Saat ditemukan, orangutan tersebut terpisah dari induknya," ujar Sustyo, Kamis (10/11/2016).

Proses evakuasi orangutan tersebut, jelas Sustyo, karena kesadaran Hendrikus yang menyerahkan kepada Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan TSL - Seksi Konservasi Wilayah I bersama YIARI Ketapang, Rabu (9/11/2016).

"Orangutan itu selanjutnya akan dititip rawatkan di pusat rehabilitasi IAR Ketapang sebelum dilepasliarkan kembali," ujar Sustyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com