Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hendak Diselundupkan ke Surabaya, 3 Truk Batu Cianibar Ditangkap

Kompas.com - 09/11/2016, 15:19 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON,KOMPAS.com - Aparat Polsek Pelabuhan Yos Sudarso Ambon menyita sekitar lima ton batu cianibar ilegal yang sedianya akan diselundupkan ke Pulau Jawa, Rabu (9/11/2016). Batu cianibar yang dikemas dalam 324 karung ini kini dalam pengawasan polisi.

Kepala Polsek Pelabuhan Yos Sudarso AKP Roni Manawan menerangkan, ratusan karung batu cianibar itu dibawa dari Desa Asilulu, Kecamatan Lehitu Kabupaten Maluku Tengah dengan menggunakan tiga truk.

“Penyitaan tadi kurang lebih sekira pukul 9.30 WIT. Itu barangnya dibawa dari Asilulu, informasinya dari sopir,” kata Roni di Polsek setempat.

Pantauan Kompas.com, ratusan karung batu cianibar itu saat ini masih berada di dalam kontiner di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon. Namun kontainer itu kini telah diberi garis polisi untuk kepentingan penyelidikan.

Sejumlah petugas kepolisian juga tampak berjaga di sekitar konteiner tersebut. Menurut Roni, ratusan karung batu cianibar itu berasal dari Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB). Pihaknya bersama petugas dari Dinas ESDM sendiri sempat membuka kontainer itu dan memeriksa isinya. Dia pun memastikan bahwa ratusan karung batu cianibar itu adalah ilegal.

“Jumlahnya itu sekitar lima ton. Soal legal atau illegal kalau sudah ditahan polisi berarti illegal lah,” kata Roni.

“Kalian juga kan sudah tahu batu ini dari SBB tidak mungin dari Saumlaki sana,” tambahnya.

Menyoal ada oknum anggota yang mengawal batu cianibar itu hingga sampai masuk ke pelabuhan, dia mengaku belum mengetahuinya. Dia mengaku Polsek Pelabuhan hanya berwenang mengamankan area dan juga barang bukti, selebihnya, lanjut dia, soal proses penyelidikan kasus itu menjadi kewenangan Krimsus Polda Maluku.

“Soal ada yang mengawal itu saya belum tahu, kami hanya mengamankan area dan barang bukti soal penanganannya nanti langsung tanya saja ke Dirkrimsus,” tambahnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, tiga truk berisi batu cianibar ini sebelumnya telah ditahan di kawasan Jalan Jenderal Sudirman tak jauh dari Kantor Jasa Raharja Maluku, namun ternyata ketiga truk itu bisa bebas dan akhirnya lolos hingga ke pelabuhan dan akhirnya dimasukan ke dalam kontainer.

“Sebelumnya sudah ditahan di Jalan Jenderal Sudirman, tapi tidak tahu mengapa bisa lolos sampai masuk ke dalam konteiner. Jadi batu cianibar ii akan diselundupkan ke Jawa,”ujar sumber itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com