Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Derita Stroke dan Ditelantarkan Anak, Nenek Supiyani Terbaring Lemas di Rumah

Kompas.com - 09/11/2016, 12:13 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com — Kondisi Supiyani (85) terbaring lemas dengan tubuh penuh luka di rumahnya di Dusun Amburan, Desa Kandangan, Kecamatan Cerme, Gresik, Jawa Timur.

Supiyani yang menderita stroke hidup sendiri. Supiyani ditelantarkan seorang diri oleh sang anak. Dia pun hidup menyambung nyawa dari belas kasih saudara dan para tetangga di sekitar tempat tinggalnya.

“Saat masih sehat dulu, seluruh keluarga termasuk anak-anaknya ya tinggal di sini. Kasihan, sebab dulu sebelum Mbak Supiyani menderita seperti ini, dia adalah salah satu keluarga yang cukup kaya di desa ini,” tutur Siti Julaikha (70), adik Supiyani, Rabu (9/11/2016).

Dari pengakuan Julaikha, Supiyani merupakan anak kedua dari tujuh bersaudara. Julaikha sendiri merupakan anak bungsu.

Sementara itu, Supiyani memiliki tiga anak, dua di antaranya sudah meninggal dunia dan satu masih hidup.

“Anaknya ada tiga, dua sudah meninggal dunia, dan satu lagi masih hidup dengan kondisi ekonomi yang cukup berada. Namun, ya itu tadi, setelah semua harta orangtuanya diambil, kini ibunya dibiarkan begitu saja dan tidak pernah dijenguk, meski rumahnya sendiri dari sini juga tidak terlalu jauh,” ujarnya.

Julaikha mengatakan, dua anak Supiyani yang sudah meninggal juga mengalami kondisi yang tidak jauh berbeda dengan sang ibu.

Sarmining, anak sulung Supiyani, meninggal dunia karena stroke setelah sempat dirawat selama tujuh tahun. Begitu pula dengan Sopyan, anak kedua, ia meninggal dunia lantaran mengidap tuberkulosis (TBC).

“Yang masih hidup itu namanya Royan. Meski masih hidup, setelah ibunya jadi begini, belum pernah sekali pun ia datang menjenguk, apalagi memeriksakan ibunya ke rumah sakit. Jadilah, saya dan para tetangga di sini yang merawat,” kata Julaikha.

Dari penuturan Julaikha yang dibenarkan oleh para tetangga, Supiyani sebenarnya mulai mengalami stroke sejak dua tahun yang lalu. Namun, kondisinya mulai parah, dan ia tidak lagi bisa beraktivitas sejak 11 bulan lalu.

Kondisi ini diperparah dengan tumbuhnya luka di sekujur tubuh Supiyani yang membuatnya mengeluarkan bau tidak sedap saat didekati.

“Kalau awal-awal Ibu Supiyani sakit, dia masih bisa sedikit beraktivitas dengan ... (berjalan menggunakan tangan dalam kondisi duduk). Namun, sejak 11 bulan lalu, dia sudah tidak bisa lagi beraktivitas, yang membuat tetangga sini bertekad bergotong royong dalam membantunya sehari-hari,” kata Mutmainah (50), salah satu tetangga Supiyani.

“Terlebih lagi, karena hanya bisa terbaring, timbullah luka di sekujur tubuh yang mungkin dikarenakan terlalu lama bercampur dengan urine dan berak,” tambahnya.

Dia lalu menuturkan, selain tidak pernah dijenguk dan diperhatikan oleh sang anak, Supiyani juga belum pernah mendapatkan bantuan dari pihak mana pun, meski para tetangga sudah sering kali melaporkan kondisi Supiyani kepada aparat desa setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com