Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desa di Wonosobo Ini Bikin Peraturan tentang Pembalut Wanita

Kompas.com - 11/10/2016, 21:40 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

WONOSOBO, KOMPAS.com - Pemerintah Desa Wulungsari, Kecamatan Selomerto, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, menerbitkan peraturan desa (Perdes) tentang pembalut wanita ramah lingkungan.

Peraturan tersebut mewajibkan kaum wanita desa setempat untuk menggunakan pembalut alami ketika menstruasi.

Kepala Desa Wulungsari Agus Martono menjelaskan, Perdes itu diterbitkan setelah warga mengeluhkan banyaknya sampah pembalut bekas pakai (sintetis) saat proses pemilahan sampah di bank sampah terpadu di desa yang terletak sekitar 3 kilometer dari ibu kota Kecamatan Selomerto itu.

Keberadaan sampah pembalut sampah sintetis itu dinilai sangat mengganggu karena tidak bisa didaur ulang seperti sampah jenis lainnya.

"Kemudian kami sepakat untuk membuat Perdes ini dengan tujuan untuk mengurangi sampah pembalut bekas," kata Agus, Selasa (11/10/2016).

Menurut Agus, regulasi tersebut cukup efektif karena setelah diterapkan beberapa bulan terakhir, sebagian besar kaum wanita di Desa Wulungsari merasakan kenyamanan dengan pembalut alami.

"Di sisi lain, pembalut alami juga lebih sehat dibanding pembalut sintetis. Pembalut sintetis disinyalir menjadi faktor penyebab kanker serviks," jelas Agus.

Ketua PKK Desa Wulungsari, Eka Wastiah Martono memaparkan bahwa ide awal pembuatan pembalut alami ini dicetuskan oleh salah satu wanita warga setempat, Ganti Astuti. Ide tersebut dinilai sesuai dengan keluhan warga terkait sampah pembalut sintetis.

"Beliau yang mencoba menciptakan pembalut berbahan dasar kain antitembus, dan dapat dicuci ulang saat selesai digunakan," terang Eka.

Proses pembuatan pembalut alami ini, lanjut Eka, memang tidak mudah karena harus menggunakan bahan tertentu yang dinilai nyaman dipakai, tidak mudah tembus, serta mudah dicuci dan disetrika.

"Setidaknya tiga kali proses melalui ujicoba pakai, hingga bisa dipasarkan melalui warung-warung yang ada di sekitar Desa Wulungsari," imbuh Eka.

Sebelum digunakan, pembalut ini harus dicuci dengan sabun mandi dan disterelisasi dengan diseterika. Kini, kaum perempuan bisa dengan mudah mendapatkan pembalut ramah lingkungan di warung terdekat dengan harga cukup terjangkau.

"Harganya mulai dari Rp 20.000 per bungkus berisi 2 pembalut, dan Rp 40.000 per bungkus berisi 4 pembalut," rincinya.

Atas inovasi tersebut, PKK Desa Wulungsari dipilih untuk mewakili Kabupaten Wonosobo dalam Lomba Halaman Asri Teratur dan Nyaman (Hatinya) PKK tingkat Provinsi Jawa Tengah dalam waktu dekat ini.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Wonosobo Fairuz Eko Purnomo menyambut baik Perdes Desa Wulungsari tersebut. Fairuz terkesan dengan kreasi warga dan komitmen mereka dalam menjaga lingkungan serta kesehatan.

"Saya berharap kondisi positif ini tak sekedar untuk dilombakan, tapi bisa terus dipertahankan agar menjadi teladan bagi desa-desa lain di Wonosobo," ungkap Fairuz.

Ketua tim verifikasi Lomba Hatinya Jawa Tengah, Buntarno mengaku sudah melakukan verifikasi ke desa tersebut. Ia terkesan dengan inovasi dan komitmen warga yang diwujudkan dengan penerbitan Perdes. Selain itu, Buntarno juga kagum dengan warga yang dengan penuh kesadaran memanfaatkan halaman rumah mereka dengan menanam berbagai jenis tanaman kaya manfaat.

"Saya tidak bisa menjanjikan juara untuk Desa Wulungsari ini, tapi mereka memiliki peluang untuk menuju ke arah kemenangan," tandas Bunarto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com