Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Dapat Dukungan Parpol, Tiga Bakal Calon Kepala Daerah di Papua Tidak Lolos

Kompas.com - 04/10/2016, 12:02 WIB
Fabio Maria Lopes Costa

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com — Sebanyak tiga bakal calon kepala daerah di Papua dinyatakan tidak memenuhi syarat. Hasil ini berdasarkan verifikasi faktual dukungan parpol yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum Daerah setempat.

Berdasarkan data dari Komisi Pemilihan Umum Provinsi Papua, ketiga pasangan yang tidak lolos itu adalah Abisai Rolo-Dipo Wibowo, sebagai bakal calon wali kota Jayapura, Samuel Tabuni-Obet Gwijangge, bakal calon bupati Nduga, dan Herman Aw-Stefanus Wakey, bakal calon bupati Dogiyai.

Anggota KPU Provinsi Papua Tarwinto di Jayapura pada Selasa (4/10/2016) mengatakan, ketiga pasangan ini tidak mendapatkan dukungan parpol untuk maju sebagai kandidat kepala daerah.

"Dari hasil verifikasi KPUD, pasangan Abisai-Dipo tak mendapatkan dukungan dari Partai Golkar, sedangkan pasangan Samuel-Obed dan Herman-Stefanus tidak mendapatkan rekomendasi dukungan dari Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia yang diakui secara sah oleh Kementerian Hukum dan HAM," kata Tarwinto.

Ketua KPU Kota Jayapura Yeremias Numberi menyatakan, pihaknya telah meminta bantuan pengamanan dari pihak Kepolisian Resor Kota Jayapura pasca-pengumuman hasil verifikasi faktual dukungan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com