Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Sukabumi Selamatkan Merak Hijau yang Hinggap di Jalan Raya

Kompas.com - 27/09/2016, 11:41 WIB
Budiyanto

Penulis

SUKABUMI, KOMPAS.com — Seekor burung besar, merak hijau (Pavo muticus) ditangkap dan diselamatkan sejumlah warga di Kampung Ranca Erang, RT 05 RW 02, Desa Pada Asih, Kecamatan Tegalbuleud, Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (24/9/2016) petang.

Rencananya, burung berukuran panjang satu meter dan dilindungi Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Alam ini diserahkan kepada Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat.

''Saya ingin menyerahkannya kepada instansi yang berwenang menanganinya karena burung merak hijau ini sudah langka di alam,'' kata seorang warga, Dede Surahman (40), kepada Kompas.com, melalui sambungan telepon genggam, Selasa (27/9/2016).

Baca juga: BKSDA Selidiki Kabar Kematian 2 Macan Tutul Jawa karena Diracun Warga

Menurut Dede, burung merak hijau yang diduga berjenis kelamin jantan ini ditangkap di halaman rumah tetangganya. Saat itu, Sabtu menjelang maghrib, tiba-tiba burung tersebut hinggap di jalan raya. Lalu banyak orang yang akan menangkapnya. Akhirnya, burung tersebut meloncati pagar dan masuk ke halaman rumah.

''Melihat ada burung merak, saya spontan ikut mengepung dan berhasil menangkapnya. Lalu burung tersebut saya amankan di rumah dan diberi makanan berupa biji-bijian,'' ujar Dede yang juga Ketua Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) Kabupaten Sukabumi.

Saat ini, lanjut Dede, dia sudah menyampaikan informasi mengenai pengamanan seekor burung merak hijau melalui aktivis Kusukabumiku dan Sukabumi Conservation Society (SCS). Informasinya sudah dilanjutkan ke petugas BBKSDA Jabar dan Pusat Penyelamatan Satwa Cikananga (PPSC) di Kecamatan Nyalindung.

''Ya, semoga saja para petugas BBKSDA dan PPSC dapat secepatnya menyelamatkan burung merak hijau ini. Kalau kelamaan, takut stres burungnya,'' ujar Dede.

Dede menuturkan, menurut informasi, burung merak hijau ini sepasang dan sudah dikejar-kejar untuk ditangkap warga sejak dua bulan lalu. Burung itu biasa terlihat di pinggiran muara Sungai Cikaso yang berbatasan dengan Kecamatan Cibitung dan areal permukiman pinggiran hutan.

''Sekarang burungnya saya sudah amankan di dalam gudang karena takut lepas. Kemarin juga sempat menjebol atap,'' imbuh dia.

Kepala Seksi II Bidang KSDA Wilayah I Bogor, Kusmara, mengatakan, pihaknya segera mengecek lokasi dan secepatnya membawa burung merak hijau itu ke PPS Cikananga di Nyalindung.

''Saya sudah tugaskan petugas lapangan di Sukabumi yang terdekat dengan lokasi untuk mengecek, dan kami langsung berkoordinasi dengan PPSC,'' kata Kusmara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com