Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar Ajak Warga Hargai Perbedaan

Kompas.com - 27/09/2016, 01:45 WIB
Jodhi Yudono

Penulis

Sumber ANTARA

SEMARANG, KOMPAS.com--Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak masyarakat provinsi ini untuk menghargai berbagai bentuk perbedaan yang ada di lingkungan masing-masing.

"Menjaga dan mempersatukan perbedaaan itu indah dan Tuhan memberikan semua perbedaan agar kita melihat sesuatu yang luar biasa indah," katanya, di Semarang, Jumat.

Menurut Ganjar, kemajemukan yang ada di masyarakat akan menjadi indah jika semua pihak turut merawat anugerah tersebut dengan saling menghormati dan menjaga persatuan.

Mantan anggota DPR RI itu mencontohkan jika semua yang hadir pada suatu acara mengenakan baju berwarna sama dan potongan rambut atau warga kerudung yang serupa, pasti tidak menarik.

Contoh lain, sebuah taman yang terdiri dari aneka bunga warna-warni akan lebih menarik dan cantik jika dibandingkan taman yang hanya ada satu jenis bunga dengan warna sama.

"Begitu pula dengan Jawa Tengah, jika warganya terdiri dari satu suku, agama, ras, dan bahasa yang sama pasti tidak indah," ujar politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu.

Ganjar menyebutkan bahwa berbagai forum pertemuan yang ada di masyarakat bisa menjadi sarana dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang ada di lingkungan masing-masing.

"Saya yakin semua persoalan akan teratasi jika dibicarakan dengan baik-baik," kata ayah dari satu anak itu.

Sikap saling menghormati, kata dia, harus ditanamkan sejak dini, bila ada warga sedang melaksanakan ibadah maka umat agama lain tidak boleh mengganggu.

"Jangan menyakiti orang lain hanya karena berbeda pendapat, agama, suku, atau bahasa melalui media sosial, dunia maya, maupun dunia nyata karena itu merupakan salah satu pemicu konflik yang berujung pada perpecahan," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com